parenting

Pendidikan Seks untuk Anak: Mimpi Basah Itu Apa Sih?

Melly Febrida Rabu, 09 Oct 2019 15:05 WIB
Pendidikan Seks untuk Anak: Mimpi Basah Itu Apa Sih?
Jakarta - Anak-anak yang memasuki masa remaja umumnya akan mengalami mimpi basah. Namun, kadang anak malu mengatakannya atau bahkan bertanya soal mimpi basah. Karena itu orang tua perlu membekalinya dengan pendidikan seks untuk anak.

Mungkin anak pagi-pagi akan bertanya, kenapa celananya basah tapi ini bukan urine? Mimpi basah tentu berbeda dengan ngompol alias pipis di celana. Ya, yang keluar itu adalah air mani keluar ketika ejakulasi saat lelaki tertidur.

"Mimpi basah adalah mimpi yang terkait dengan pubertas dan dimulai saat pubertas, ketika tubuh mulai membuat lebih banyak testosteron, hormon utama pria," kata perawat bersertifikat Julia Brown Lancaster, MSN, WHNP-BC, mengutip Kids Health.


Anak mungkin bingung mengapa dulu sewaktu kecil tak pernah mimpi basah, lalu kenapa sekarang jadi bermimpi basah? Lancaster menjelaskan, coba Bunda sampaikan ke anak seorang lelaki yang bermimpi basah itu harus melalui masa puber, serta testis harus bisa menghasilkan sperma.

Lalu anak bertanya mimpi basah bisa diatur jadwalnya? Kata Lancaster, jawablah dengan mengatakan mimpi basah ini tak bisa dikendalikan dan tak bisa dihentikan. Kebanyakan pria mengalaminya pada masa puber, tapi terkadang orang dewasa juga mengalaminya.

"Namun, tekankan ke anak mimpi basah pada orang dewasa berkurang setelah melepaskan sperma dengan berhubungan intim dengan istrinya setelah menikah," kata Lancaster.

Bagaimana pria bisa bermimpi basah? Kadang anak punya pertanyaan itu soal pendidikan seks. Bunda bisa membawa mimpi basah adalah mimpi tentang melakukan aktivitas yang terkait dengan seksual. Terkadang pria bangun saat mimpi basah, tapi ada juga yang tetap tertidur.

Ilustrasi pendidikan seks untuk anakIlustrasi pendidikan seks untuk anak/ Foto: iStock
Lantas bagaimana membersihkan diri usai bermimpi basah? Dan Brennan, MD, dokter anak yang juga konselor laktasi menganjurkan orang tua memberi anak untuk segera membasuh kemaluannya dengan air dan sabun.

"Minta anak untuk mencuci penis dan testisnya pakai dan air, termasuk area di bawah kulit khitan jika anak tidak disunat," kata Brennan mengutip Web MD.



Brennan juga mengatakan tidak semua remaja pria mengalami mimpi basah. Namun, jangan khawatir. Tidak bermimpi basah bukan berarti ada yang salah dengan anak lelaki kita, Bun.

"Selama pubertas, pria akan mulai mengalami ereksi pada waktu yang berbeda sepanjang hari. Bisa saat di sekolah, nonton TV, di kamar mandi, bahkan saat tidur," ujar Brennan.

Menurutnya, mimpi basah itu terjadi ketika semen sudah menumpuk di dalam tubuh. Salah satu cara agar air mani keluar dengan terjadinya mimpi basah itu.

Simak manfaat masak bareng anak di video ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi