parenting

Tewas Tenggelam di Bak Mandi, Anak Ini Ternyata Disakiti Ayah Tiri

Asri Ediyati Senin, 04 Nov 2019 08:40 WIB
Tewas Tenggelam di Bak Mandi, Anak Ini Ternyata Disakiti Ayah Tiri
Jakarta - Bocah tiga tahun asal Malang tewas akibat tenggelam di bak mandi rumahnya. Menurut pengakuan awal ayah tiri Agnes, Egy Age Anwar, anak itu tenggelam di bak mandi usai disuruh mandi sendiri. Sang ibunda pergi bekerja, sementara itu Egy di rumah tengah mengasuh adik Agnes.

Namun, polisi menduga ada kejanggalan dari kematian Agnes. Kapolsek Tajinan AKP Hadi Puspito menyampaikan, kejanggalan dalam kematian korban berawal dari laporan keluarga.

Dilansir detikcom, pihak keluarga menemukan luka bakar di bagian kaki kanan saat jenazah Agnes mau dimandikan di rumah neneknya, di Desa Sumbersekar, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Rabu (30/10/2019). Selain itu ada lebam di bagian punggung, belakang kepala dan dahi.

Ternyata orang yang diduga kuat menyakiti Agnes adalah ayah tirinya, Egy. Hal ini diungkap Rendra Aziz Kurniawan, sepupu ibunda Agnes. Menurut Aziz, selama ini Agnes sering mengaku dianiaya oleh ayah tiri. Itu diceritakan Agnes ketika pulang kembali ke rumah neneknya di Tajinan.


"Kalau dianiaya sering, namun tidak detail apakah itu dipukul atau diapakan. Yang pasti dilakukan oleh ayah tirinya itu. Korban sering cerita begitu kalau pulang dari rumah ibunya," ujarnya

Padahal, Agnes merupakan anak pendiam. Oleh karena itu, keluarga sempat heran mengapa Egy tega melakukan kekerasan terhadap korban. Keluarga pun kini masih mengusut tuntas kasus tersebut dan melaporkan pada polisi. Sedangkan jenazah korban dibawa ke rumah nenek di Desa Sumbersekar, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

"Diantar dengan ambulans. Kedua orang tuanya juga ikut datang. Maunya dimakamkan di Tajinan," kata Aziz.
Tewas Tenggelam di Bak Mandi, Anak Ini Ternyata Disakiti Ayah TiriIlustrasi kehilangan anak/ Foto: iStock
Ya ampun, tega sekali ya, Bunda. Tak mudah memang menghilangkan stigma ayah tiri pada anak. Padahal, sebenarnya ayah tiri ini bisa jadi pendukung untuk anak tiri, orang dewasa di luar orang tua yang peduli dan sumber daya penting untuk anak saat ia tumbuh dan dewasa. Hubungan positif dengan semua anggota keluarga sangat penting untuk rumah tangga yang harmonis.

Supaya tak terlalu tertekan pada pertemuan pertama antara ayah tiri dan anak tiri, usahakan adanya pertemuan singkat dan hindari makan bareng yang lama atau beri anak hadiah mahal.

"Jangan berharap lebih. Rencanakan pertemuan singkat, pokoknya jangan ikut campur urusan sehari-hari anak," kata Stan Wenck dan Connie J Hansen, pengarang buku 'Love Him, Love His Kids', dikutip Parents.

Apa pun yang memberi tekanan pada anak atau yang berlebihan bisa saja menjadi bumerang dan menyebabkan orang tua tiri berpotensial untuk ditolak. Biarkan berjalan apa adanya, seiring waktu ketika anak siap, mereka sendiri yang akan beri tahu.

Apa lagi saran untuk ayah tiri agar bisa berhubungan baik dengan anak tirinya? Baca selengkapnya di sini.

Simak juga cara menangani anak demam dengan tepat melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi