Sign Up search


parenting

7 Saran agar Ayah Tiri seperti Irwan Mussry Dekat dengan Anak

Amelia Sewaka Jumat, 02 Nov 2018 13:45 WIB
1. Saran agar Ayah Tiri seperti Irwan Mussry Dekat dengan Anak
Saran agar Ayah Tiri seperti Irwan Mussry Dekat dengan Anak caption

1. Bikin 'pandangan pertama' yang cepat

Supaya tak terlalu tertekan pada pertemuan pertama, usahakan adanya pertemuan singkat dan hindari makan bareng yang lama atau beri anak hadiah mahal.

"Jangan berharap lebih. Rencanakan pertemuan singkat, pokoknya jangan ikut campur urusan sehari-hari anak," kata Stan Wenck dan Connie J Hansen, pengarang 'Love Him, Love His Kids'.

Apa pun yang memberi tekanan pada anak atau yang berlebihan bisa saja menjadi bumerang dan menyebabkan orang tua tiri berpotensial untuk ditolak. Biarkan berjalan apa adanya, seiring waktu ketika anak siap, mereka sendiri yang akan beri tahu.

2. Berikan anak waktu

Jika Ayah atau Bunda adalah orang tua tiri yang masuk dalam pernikahan yang didahului dengan perceraian antara dua orang tua yang masih hidup seperti Irwan Mussry, berikan anak ruang dan waktu.

"Pernikahan baru dapat menghancurkan harapan anak tentang makna menikah dan orang tua. Ketika orang tua bercerai, anak punya proses berduka dan masih berharap bahwa orang tua lama mereka akan bersatu kembali," tutur Sue Patton Thoele, penulis 'The Courage to Be a Stepmom'.

Dengan pemikiran ini, berikan waktu dan ruang situasi. Jika orang tua meninggal, bantulah anak menemukan cara untuk mengingat orang tuanya dengan mendengarkan cerita, menampilkan foto orang tua di kamarnya, atau merencanakan kegiatan peringatan pada ulang tahun orang tua. Kalau perlu, anjurkan terapi sebagai cara untuk memberi anak dukungan dari orang yang obyektif.

3. Perlakukan anak tiri sebagai keluarga

Sebagai ayah atau ibu tiri, kita bisa beri anak tugas dengan catatan jika anak sudah dekat dengan ayah atau ibu tirinya. Coba berbagi tanggung jawab layaknya anak dengan orang tua kandung. Dengarkan dan hargailah pendapat mereka dan pujilah mereka ketika anak membutuhkannya.

"Anak-anak merasa lebih baik tentang diri mereka dan lebih dekat dengan keluarga mereka ketika mereka diajarkan untuk menerima tugas dan kewajiban tertentu untuk keluarga secara keseluruhan. Kewajiban ini termasuk rasa hormat, kebaikan, dan membantu," kata Sue Patton Thoele, penulis 'The Courage to Be a Stepmom'.

4. Quality time spesial bareng anak

Pastikan anak-anak punya quality time yang seimbang, dengan orang tua kandung dan orang tua tirinya. Ini akan membantu mereka merasa lebih aman tentang satu hubungan, di tengah-tengah perubahan dalam kehidupan anak.

"Jangan selalu terpaku pada pasangan ketika kita pergi bersama anak-anaknya. Pastikan juga anak memiliki banyak waktu sendirian," kata Christie Hartman, penulis 'Dating the Divorced Man'.

Ketika anak-anak memiliki waktu bersama dengan orang tua kandung mereka lebih baik, maka anak mungkin lebih bersemangat untuk menghabiskan waktu bersama orang tua tirinya pula.

Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi