parenting

Konsumsi Ikan Optimalkan Perkembangan Otak Anak, Simak Faktanya

Yuni Ayu Amida Sabtu, 02 Nov 2019 12:20 WIB
Konsumsi Ikan Optimalkan Perkembangan Otak Anak, Simak Faktanya
Jakarta - Bunda dan keluarga suka mengonsumsi ikan? Ternyata kandungan dalam ikan sangat baik untuk kesehatan lho. Terutama untuk mendukung tumbuh kembang anak.

"Ikan ini bermanfaat sekali untuk otak dan tulang kita, karena mengandung protein, omega-3, kalsium, vitamin D, fosfor, yodium, magnesium, dan kalium pokoknya lengkap," kata dr.Boy Abidin, Sp.OG(K), dalam tayangan Dr.Oz Indonesia di Trans TV.

Tak hanya itu, dijelaskan Boy, ikan juga bagus untuk kesehatan jantung karena kandungan omega-3 mampu menurunkan kolestrol dalam darah kita. Bahkan bagi orang tua yang rutin mengonsumsi ikan, bisa terhindar dari penyakit alzheimer.


"Itu penyakit di mana pada saat usia lanjut dia jadi lupa ingatan, kandungan omega-3 akan meningkatkan daya ingat dan sel dalam otak menjadi lebih baik," tutur Boy.

Dalam kesempatan yang sama, ditambahkan dr.Reisa Broto Asmoro, ikan ternyata mampu mengurangi risiko depresi. Jadi sangat baik untuk dikonsumsi jika kita kerap merasa stres maupun mengalami depresi.

Konsumsi Ikan Optimalkan Perkembangan Otak Anak, Simak FaktanyaFoto: iStock


"Berdasarkan penelitian, omega-3 yang ada dalam ikan mampu mengembalikan mood, kemudian membuat otak jadi lebih sehat," ujar Reisa.

Tak sampai di sana saja, ikan juga bermanfaat untuk melindungi mata kita lho, Bunda. Kandungan dalam ikan membuat mata terlindung dari degenerasi makula.

"Kemudian bisa mencegah asma pada anak-anak, jadi anak-anak yang rentan punya risiko asma di keluarganya ini juga dibantu diatasi," tukas Reisa.

Senada dengan hal tersebut, menurut Bonnie Taub-Dix, RD, penulis buku Read It Before You Eat It, ikan memang sangat bagus untuk dikonsumsi. Karena ikan adalah sumber vitamin D dan omega3 yang baik.

Mengonsumsi ikan bisa membuat daya otak lebih kuat dan mencengah penurunan mental serta berkurangnya ingatan. Ikan seperti salmon, tuna, sarden dan lainnya adalah contoh yang bisa dikonsumsi. Penelitian juga menunjukkan dengan rutin mengonsumsi ikan, otak anak bisa lebih fokus.

"Semakin banyak omega-3 yang bisa kita dapatkan di otak, semakin baik fungsinya dan anak-anak semakin baik pula fokusnya," kata Bonnie, dikutip dari Web MD.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi