sign up SIGN UP search


parenting

Bukan Hanya Makin Cerdas, Makan Ikan juga Bikin Anak Tidur Lebih Nyenyak Bun

Meita Fajriana Kamis, 18 Nov 2021 14:26 WIB
Young girl eating grilled tuna steak and boiled potatoes, Indoors shot of a little girl having a healthy meal decorated with red paprika and looking up at camera. Ilustrasi anak makan ikan/Foto: iStock

Jakarta - Apakah Bunda ingat, kata-kata orang tua dahulu yang kerap merayu anak-anak untuk mau makan ikan supaya pintar?  Hingga kini pun mungkin rayuan itu juga Bunda gunakan gara Si Kecil mau menyantap lauk ikan. 

Memang, ikan adalah salah satu makanan sehat yang bermanfaat bagi Si Kecil, tapi apa ya sesungguhnya hubungan ikan dengan kesehatan otak? Apakah benar banyak makan ikan bisa bikin anak jadi cerdas? Simak penjelasannya yuk Bunda.  

Bukan hanya isapan jempol, faktanya ikan memang memiliki kontribusi pada kesehatan otak manusia dan hal itu sudah terbukti secara ilmiah. Melansir dari laman The New York Times, dalam 44 penelitian, para peneliti telah menyimpulkan bahwa makan makanan laut selama kehamilan dan masa kanak-kanak dikaitkan dengan peningkatan kinerja pada tes keterampilan mental dan kecerdasan anak.


Hampir semua penelitian tentang konsumsi makanan laut melaporkan hasil yang bermanfaat bagi anak-anak. Termasuk ada yang menemukan bahwa jika dibandingkan dengan anak-anak dari ibu yang tidak mengonsumsi makanan laut, mereka yang ibunya makan lebih dari 12 ons makanan laut seminggu memiliki IQ verbal yang jauh lebih tinggi lho Bunda. 

Konsumsi ikan berpengaruh pada IQ anak

Pada anak-anak, manfaat makan makanan laut sudah terlihat sejak usia 14 bulan. Berbagai penelitian menemukan bahwa pemakan makanan laut memiliki risiko lebih rendah dari gangguan hiperaktif atau pemusatan perhatian, nilai sekolah yang lebih baik, dan IQ yang lebih tinggi sebanyak 9,5 poin jika dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang tidak makan ikan.

Asupan tertinggi yaitu lebih dari 8 hingga 12 ons seminggu akan memberikan manfaat terbesar Bunda. 

Tom Brenna, seorang profesor pediatri di University of Texas di Austin, mengatakan bahwa hasil penelitiannya menyajikan gambaran yang sangat positif tentang konsumsi makanan laut seperti ikan. 

“Kami tidak hanya menemukan hasil yang sangat positif di sebagian besar penelitian, tetapi kami juga tidak menemukan efek samping, bahkan pada tingkat konsumsi tertinggi,” kata Tom Brena.

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Scientific Reports juga menunjukkan hal yang sama yaitu konsumsi ikan yang lebih banyak memiliki manfaat yang signifikan pada anak-anak.

Menurut penelitian tersebut, anak-anak yang makan ikan setidaknya sekali seminggu mendapat skor hampir lima poin lebih tinggi pada tes IQ daripada anak-anak yang jarang atau tidak pernah makan ikan. Bahkan anak-anak yang sesekali makan ikan mendapat skor rata-rata tiga poin lebih tinggi. 

"Ikan adalah sumber protein tanpa lemak yang baik dan kaya akan asam lemak esensial omega-3. Asam ini sangat terkonsentrasi di otak dan memainkan peran penting dalam fungsi neurologis serta kesehatan mata, jantung dan otak," kata Samantha Heller ahli gizi klinis senior di New York University Medical Center dikutip dari laman Hearthlandcatfish

Mau tahu manfaat lain mengonsumsi ikan untuk anak? Klik halaman berikutnya ya Bunda. 

Simak pula video tentang 3 variasi resep ikan tuna tinggi protein yang bikin anak jadi doyan makan di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
IKAN BANTU MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!