parenting

Hari Ikan Nasional! Ini 5 Pengganti Salmon buat Anak, Murah & Bergizi

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 21 Nov 2019 11:43 WIB
Hari Ikan Nasional! Ini 5 Pengganti Salmon buat Anak, Murah & Bergizi
Jakarta - Selamat Hari Ikan Nasional, Bunda! Ya, Hari Ikan Nasional diperingati tiap tanggal 21 November. Gimana? Sudahkan Bunda terbiasa memasukkan ikan dalam menu makanan keluarga terutama buat si kecil?

Bukan rahasia umum kalau ikan baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, terutama dalam hal kesehatan otaknya. Nah, selama ini salmon jadi salah satu ikan yang dipilih para Bunda untuk diberikan ke si kecil.

Memang, Bunda, ikan penting banget dimasukkan dalam menu makanan anak. Studi yang dilakukan University of Pennsylvania School of Nursing di Philadelphia menunjukkan, makan ikan minimal seminggu sekali bisa meningkatkan inteligensi atau IQ anak.


"Bahkan, poin mereka lebih tinggi 5 angka dibanding anak yang sedikit atau tidak pernah makan ikan. Pada anak, makan ikan juga membantu mereka tidur lebih baik. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, orang tua baiknya menyediakan ikan untuk menu harian, minimal seminggu sekali," papar ketua peneliti, Jianghong Liu, mengutip Web MD.

Nah, biasanya Bunda memilih Salmon nih, buat diberikan pada anak. Tapi, dengan pertimbangan harga yang cukup menguras kocek, Bunda bisa berikan 5 alternatif ikan. Sama-sama bernutrisi dan harganya lebih murah kok, dilansir berbagai sumber.

1. Ikan lele

Lele mengandung omega 3 yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar lemak dalam darah atau trigliserida. Risiko radang sendiri dan kanker juga bisa menurun lho, Bunda. Dalam 3 ons lele terkandung 0,22 - 0,3 gram asam lemak omega-3. Cara memasak lele yang dianjurkan dengan dibumbu pesmol, dikukus, atau digoreng dengan minyak dan tak terlalu kering.

5 Ikan Pengganti Salmon untuk Anak, Lebih Murah & Bernutrisi5 Ikan Pengganti Salmon untuk Anak, Lebih Murah & Bernutrisi/ Foto: thinkstock
2. Ikan kembung

Ikan dengan harga murah meriah ini mudah ditemui di pasar tradisional. Ikan kembung mengandung asam lemak omega-3 yang baik buat kecerdasan anak. Tak cuma itu, ikan kembung kaya akan protein dan vitamin B, termasuk vitamin B12. Vitamin B12 baik untuk kesehatan saraf dan sel darah merah, sehingga risiko anemia bisa dihindari.

5 Ikan Pengganti Salmon untuk Anak, Lebih Murah & Bernutrisi5 Ikan Pengganti Salmon untuk Anak, Lebih Murah & Bernutrisi/ Foto: iStock/detikFood
3. Tuna

Harga tuna relatif lebih murah ketimbang salmon. Dikutip dari Very Well Fit tuna merupakan jenis ikan yang bebas sodium, rendah lemak, tinggi serat dan bebas gluten. Konsumsi tuna baik buat kesehatan sistem kardiovaskular. Apalagi, tuna kaya akan serat plus vitamin C.

Dalam 56 gram tuna terkandung 1 gram lemak, 10 gram protein, kurang dari 1 gram serat dan karbogidrat, dan 50 kalori.

5 Ikan Pengganti Salmon untuk Anak, Lebih Murah & Bernutrisi5 Ikan Pengganti Salmon untuk Anak, Lebih Murah & Bernutrisi/ Foto: Istimewa
4. Belut

Belut segar mengandung lemak baik dan vitamin A, C, B1, B2, D, dan E yang semuanya baik untuk perkembangan anak. Selain itu, belut juga kaya akan mineral dan protein.

5 Ikan Pengganti Salmon untuk Anak, Lebih Murah & Bernutrisi5 Ikan Pengganti Salmon untuk Anak, Lebih Murah & Bernutrisi/ Foto: Hanifah Ludfiana/detikcom
5. Ikan bandeng

Ikan yang terkenal punya banyak duri ini kaya akan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan otak anak. Selain itu, asam lemak omega 3 bisa membantu anak terhindar dari sakit jantung, kolesterol tinggi, dan depresi kelak.

Mengutip Heath Benefit Times, ikan bandeng juga sumber protein yang berguna untuk membangun dan mengganti jaringan yang rusak. Protein juga baik untuk pembentukan tulang, enzim, hormon, dan zat kimia dalam tubuh lainnya.
5 Ikan Pengganti Salmon untuk Anak, Lebih Murah & Bernutrisi5 Ikan Pengganti Salmon untuk Anak, Lebih Murah & Bernutrisi/ Foto: dok. detikFood

Bunda, cek resep ikan tongkol sambal roa yang lezatnya menggugah selera di video ini. 

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi