parenting

8 Mainan Anak Paling Menyeramkan, Tiang Striptis Hingga Boneka Terpotong

Annisa Karnesyia Senin, 25 Nov 2019 17:10 WIB
8 Mainan Anak Paling Menyeramkan, Tiang Striptis Hingga Boneka Terpotong
Jakarta - Membeli mainan anak harus jeli, kalau tidak ingin salah ya, Bun. Belakangan mainan anak jadi semakin bermacam-macam bentuknya. Kalau tidak disadari ada yang menyajikan bentukĀ aneh hingga berbau pornografi, seperti tiang striptis.

Padahal, mainan anak seharusnya menjadi media hiburan yang berfungsi juga untuk perkembangan otak anak. Salah satunya kemampuan berpikir, termasuk perkembangan motorik, sensorik, dan emosi.


Menurut psikolog dari Tiga Generasi @ Brawijaya Clinic, Saskhya Aulia Prima, bermain dengan bantuan alat permainan bisa membantu anak meregulasi emosinya. Nah, itulah pentingnya orang tua harus jeli memilih mainan yang sesuai dengan usia si kecil.


"Saat membeli mainan, orang tua harus melihat kebutuhan si anak. Misal, anak berusia 2 tahun, jangan dibelikan mainan untuk usia 6 tahun, karena tidak cocok dan setiap anak kebutuhannya berbeda. Itulah mengapa orang tua dituntut untuk menjadi orang tua pintar," kata Saskhya.

Benar banget, Bun. Enggak semua jenis mainan bisa dimainkan anak. Ada beberapa yang aneh bahkan menyeramkan yang sebaiknya tidak dibelikan untuk anak.

Berikut telah HaiBunda rangkum 7 mainan aneh dan seram yang sebaiknya Bunda hindari untuk diberikan pada anak ya.

1. Rokok mainan

Rokok mainan ada yang dijual dalam bentuk mainan, ada juga dalam bentuk permen. Memberikan anak mainan ini sama saja Bunda mengenalkan rokok yang punya dampak buruk untuk kesehatan.

2. Boneka monyet dengan alat musik simbal

Boneka ini masih sering kita jumpai ya, Bun? Meski bentuknya hanya boneka monyet yang memegang alat musik simbal, tapi wajahnya terlihat menyeramkan.

Mata monyet yang melotot dan senyum aneh bisa membuat anak ketakutan. Belum lagi suara simbal yang kadang bikin kaget.


Boneka monyet dengan alat musik simbalBoneka monyet dengan alat musik simbal/ Foto: iStock

3. Mainan kotoran manusia/hewan

Beberapa jenis mainan kotoran manusia ada dalam bentuk boneka dan play doh. Jackie Breyer, direktur editorial The Toy Insider mengatakan, mainan kotoran manusia memang sedang menjadi tren di kalangan anak-anak.

"Anak-anak menyukainya, mereka tidak melihat ada yang salah. Sesuatu yang menjijikan seperti kotoran atau kentut itu lucu," kata Breyer, dikutip dari USA Today.

Meski begitu, tetap saja mainan ini menjijikan. Jika ada pilihan mainan lain, kenapa harus memilih mainan ini.

4. Boneka hamil dan melahirkan

Bunda pernah lihat boneka hamil dan bisa melahirkan? Nyatanya boneka ini dijual bebas di pasaran.

Bagi orang dewasa mungkin tidak aneh, tapi tidak bagi anak-anak. salah satu mainan yang diproduksi adalah boneka Barbie hamil.

Produk ini menempatkan Barbie di dalam perut yang bisa terbuka. Di dalamnya ada bayi yang bisa dikeluarkan dengan mudah. Entah apa tujuan boneka ini dibuat. Tapi yang pasti cukup aneh untuk jadi mainan anak-anak.

5. Boneka bayi baru lahir

Bayi boneka baru lahir atau reborn baby adalah boneka dengan tampilan mirip bayi asli. Sayangnya, terlihat aneh jika dimainkan anak-anak.

Reborn baby sendiri memang lebih banyak dimainkan orang dewasa. Beberapa orang bahkan mengoleksinya dan menganggapnya seni, Bun.

Boneka baru lahirBoneka baru lahir/ Foto: iStock

6. Boneka bayi menyusui

Kemunculan boneka ini sempat menjadi perdebatan beberapa tahun lalu. Boneka ini membuat anak bisa berpura-pura menyusui.

Beberapa orang beranggapan jika mainan ini memaksa anak tumbuh terlalu cepat. Sebagian bahkan mengaitkannya dengan budaya dan objek seksual yang enggak bagus untuk anak.

7. Tiang dansa striptis

Tiang dansa atau strip pole kerap dikaitkan dengan hal yang berbau seksual. Mainan tiang dansa untuk anak-anak nyatanya dijual, Bun.

Perusahaan asal Inggris memproduksi mainan ini. Dianggap tidak pantas untuk anak-anak, kemunculan mainan ini sempat mengundang protes dari orang tua.

8. Boneka dengan tubuh terpotong-potong

Boneka ini disebut Chopped Up Toy dan diproduksi di Jepang. Bentuknya adalah boneka wanita yang secara anatomi telah terpotong-potong.

Tak hanya itu, Bun. Boneka ini juga mengeluarkan darah dan banyak luka-luka di sekujur tubuh.

Biar enggak salah pilih mainan, Bunda bisa simak panduan memilih mainan sesuai usia anak di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi