parenting

Tips agar Orang Tua Nyaman Bicara soal Pendidikan Seksual pada Anak

Melly Febrida Kamis, 28 Nov 2019 14:20 WIB
Tips agar Orang Tua Nyaman Bicara soal Pendidikan Seksual pada Anak
Jakarta - Mendiskusikan pendidikan seks saat anak masih usia prasekolah mungkin masih terasa baik-baik saja. Tapi, ketika anak sudah bertambah besar rasa ingin tahunya semakin besar. Bahkan pertanyaan yang muncul mungkin memerlukan jawaban yang lebih detail. Umumnya, pertanyaan ini sering membuat orang tua merasa malu untuk membicarakan bahasan tersebut.

Erica Smith, pendidik seks, mengatakan membicarakan pendidikan seks ke anak tidak cukup sekali. Karena itu, penting bagi orang tua untuk memulainya sejak dini.

"Kita perlu membuat mereka nyaman berbicara dengan orang tua tentang tubuhnya dan mereka tidak perlu malu serta takut disalahkan," kata Smith mengutip Parents.


Kalau Bunda tak tahu harus bicara mulai dari mana, Smith menyarankan baca saja lebih dulu buku-buku tentang pendidikan seks, yang dirancang untuk membantu orang tua membicarakan masalah ini dengan anak-anak dari segala usia.

Tips agar Orang Tua Nyaman Bicara soal Pendidikan Seksual pada AnakTips agar Orang Tua Nyaman Bicara soal Pendidikan Seksual pada Anak/ Foto: iStock
Mengutip Better Health, apabila orang tua merasa malu dan tidak nyaman mendiskusikan pendidikan seks dengan anak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Cari bahan sesuai usia

Bunda bisa mencari bahan-bahan dari buku atau video untuk membantu memulai diskusi dengan anak.

Saya pribadi lebih senang dengan membacakan buku cerita anak-anak yang bahasa dan pembahasannya sederhana.

2. Jujur apabila merasa malu

Kalau Bunda tak bisa berbicara tentang seks, berikan materi yang sesuai usia anak dan biarkan anak melihatnya sendiri.

Kalau anak bertanya ke Bunda, cobalah menjawab sebaik-baiknya. Kalau merasa malu, jelaskan sejujurnya pada anak.

Tips agar Orang Tua Nyaman Bicara soal Pendidikan Seksual pada AnakFoto: InsertLive
3. Gunakan Internet

Pertanyaan dari anak-anak mungkin tak terduga ya, Bun. Sebelum memberi jawaban, tak ada salahnya mencari di situs web. Bunda juga bisa menelusuri situs web bersama anak untuk mengklarifikasi pertanyaan mereka.

3. Tanyakan ke orang lain

Bunda bisa meminta kerabat atau teman yang dapat dipercaya untuk berbicara ke anak di rumah kita sendiri.

4. Jelaskan sikap orang tua

Yang perlu diingat, anak tidak akan tahu moral, nilai, dan keyakinan atau kepercayaan jika orang tua tidak memberita tahu. Maka, jadi hal penting bagi orang tua menyampaikan nilai dalam keluarga. Sehingga, penerapannya sejalan dengan pendidikan seks yang diajarkan ke mereka.

Kenali gejala sesak napas pada anak di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi