parenting

Ini Alasan Gibran Rakabuming Larang Keras Jan Ethes Main Gadget

Asri Ediyati Jumat, 29 Nov 2019 20:47 WIB
Ini Alasan Gibran Rakabuming Larang Keras Jan Ethes Main Gadget
Jakarta - Gibran Rakabuming curhat sedikit dan menuangkan keresahannya soal mainan anak zaman sekarang. Ia menulis caption di foto putranya, Jan Ethes. Di foto, Jan Ethes sedang diberi mainan mobil yang bergambar Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Teringat masa kecil, dahulu putra sulung Jokowi itu menyukai permainan tradisional. Ia menyebutkan dakon, gobak sodor, engklek, dan banyak lagi. Ia merasa permainan tradisional lebih bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.


"Saya lagi mengingat masa-masa kecil dulu. Mainan tradisional dakon, gobak sodor, engklek, cublak-cublak suweng, kelereng, jamuran dan banyak lagi permainan tradisional ini menurut saya banyak manfaat terhadap tumbuh kembang anak.," tulisnya di Instagram.


Di dalam mainan tradisional itu Gibran rasakan betul manfaat yang bisa dirasakan sekarang. Baginya, mainan tradisional itu bisa menumbuhkan kreativitas, belajar berkelompok, menyatu dengan alam, melatih intuisi dan yang paling penting adalah melatih kejujuran.

"Tapi apa yang kita saksikan anak jaman sekarang sukanya main Hot Wheels, Thomas, Tayo dan main gadget. Saya melihat permainan ini yang menjadikan anak kita menjadi individual, akan susah melakukan aktivitas sosial, mereka asyik di dunia maya dan akan gagap ketika harus menghadapi masalah di kehidupan dunia nyata," sambung Gibran.

Gibran pun membuka kesempatan untuk netizen berdiskusi dan menyampaikan ide-ide bagus terkait hal tersebut. Ini bertujuan untuk mendorong anak-anak supaya suka dan bisa lestarikan permainan tradisional.

"Nah menurut kalian kenapa permainan tradisional ini kurang diminati anak jaman sekarang? Adakah yang punya ide-ide segar agar kita bisa mendorong anak-anak untuk menyukai dan melestarikan permainan tradisional?" tutup Gibran.

Sebagian besar netizen pun menganggap ini semua tergantung dari orang tuanya. Bagaimana mengenalkan anaknya permainan tradisional, bagaimana orang tuanya membatasi gadget. Ditambah, enggak bisa dimungkiri lagi zaman sudah canggih, jadi pintar-pintarnya orang tua saja ya, Bunda. Kalau menurut Bunda gimana?

Jan Ethes sendiri memang terbukti jarang bermain gadget. Hal ini diungkap oleh MUA Selvi Ananda. Ia bercerita Jan Ethes cenderung berceloteh pada ibunya dan sama sekali tidak pegang gadget.

"Jan Ethes lucunya. Yang kita lihat selama ini tentang Ethes ternyata seperti itulah anaknya polos, no gadget, senang terus, enggak moody, very good attitude dan enggak ngerengek, anteng puoll.. Tapi kalau diajak ngobrol nurut dan jawab manis..," katanya.

Bicara soal permainan tradisional, menurut Psikolog anak, Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto, terkadang orang tua lupa dengan permainan tradisional.

"Jadi biarkan anak bermain di luar dan kenalkan anak pada berbagai permainan yang kita mainkan dahulu," ujarnya.

Kak Seto menambahkan, ketika anak banyak bermain di luar rumah manfaatnya bisa memengaruhi psikomotorik, sosial emosional, moral, serta kreativitas anak.

Ini Alasan Gibran Rakabuming Larang Keras Jan Ethes Main Gadget
Simak juga video tentang permainan tradisional anak:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi