parenting

7 Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan yang Jarang Disadari Orang Tua

Siti Hafadzoh Senin, 02 Dec 2019 17:40 WIB
7 Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan yang Jarang Disadari Orang Tua 7 Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan yang Jarang Disadari Orang Tua/ Foto: iStock
Jakarta - Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Tapi, jangan cuma main gadget saja ya, Bun. Sekali-kali ajak anak untuk bermain di luar ruangan. Bermain di luar ruangan punya manfaat lho untuk anak.

Bermain di luar ruangan memiliki manfaat mulai dari manfaat fisik hingga sosial. Dirangkum dari Firstcry Parenting dan Parenting Science, berikut 7 manfaat anak bermain di luar ruangan.


1. Memberi mereka kesempatan untuk belajar hal baru


Bermain di luar ruangan merupakan cara yang baik untuk menambah kemampuan belajar anak. Mereka mungkin belajar pelajaran dan keterampilan yang penting dalam hidup, mengembangkan sikap menyelesaikan masalah, dan memperoleh informasi baru.

2. Membantu perkembangan fisik anak

Dengan bermain di luar ruangan, anak akan aktif dan ini membantu kekuatan fisik dan kebugaran mereka, Bun. Bermain di luar ruangan juga dapat memperkuat otot dan tulang, membangu kekebalan tubuh, dan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena diabetes, masalah jantung, dan obesitas.

3. Memperoleh keterampilan sosial

Anak yang bermain di luar ruangan dapat berinteraksi lebih efektif dengan teman-teman sebayanya. Ketika anak-anak punya teman baru, mereka bisa bercakap-cakap bersama. Ini akan meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi mereka yang akan sangat berguna di masa depan.

"Ketika si dedek bermain dan bermain bersama temannya ia akan berpikir, 'oh ternyata bermain bersama itu menyenangkan ya atau duh aku butuh teman main nih', maka ketika ia bermain dengan teman sebayanya ia akan percaya diri, malah dengan sendirinya ia akan mencari teman bermain. Dari situ bisa dilihat secara komunikasi akan lebih baik," kata Bayu Wijanarko, seorang toys expert.

7 Manfaat Anak Bermain di Luar Ruangan yang Jarang Disadari Orang TuaIlustrasi anak main di luar ruangan/ Foto: iStock

4. Memperkuat keterampilan motorik

Bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus mereka. Mereka mendapatkan kelincahan, koordinasi, dan keseimbangan yang lebih baik ketika main di luar ruangan.

"Kalau permainan tradisional sih rata-rata emang membakar kalori ya. Tapi kalau kita bicarakan melatih motorik halus, kasar atau fokus itu juga banyak sih kayak main tapak gunung. Dari mulai lempar batunya itu udah latih motorik kasar dan fokus, lalu kita jingkring itu udah ngelatih keseimbangan kita," ujar Bayu.

5. Mencintai alam

Anak-anak yang menghabiskan waktu bermain di luar ruangan mungkin akan memiliki ikatan yang lebih kuat dengan alam. Sehingga, anak bisa lebih mengenal dan mencintai alam dibanding anak-anak yang hanya bermain di dalam ruangan.

6. Mendapat cahaya matahari yang cukup

Anak-anak akan mendapatkan cahaya matahari yang cukup ketika bermain di luar ruangan. Cahaya matahari sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak lho.

Otak menyetel 'jam dalam otak' menggunakan cahaya. Jadi, ini dapat membantu anak-anak untuk tetap punya ritme tidur yang sehat. Selain itu, cahaya matahari juga berguna untuk penyerapan vitamin D yang berfungsi untuk pertumbuhan tulang, fungsi otot, dan pubertas.

7. Memiliki perilaku yang lebih baik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain di luar ruangan menunjukkan perilaku yang lebih baik. Paparan ruang hijau dapat mengurangi risiko anak mengalami masalah perilaku tertentu, seperti hiperaktif dan kekurangan perhatian.

Namun, yang perlu Bunda ingat, jangan hanya menyuruh anak untuk bermain di luar. Bunda juga perlu mendampingi atau memberikan penjelasan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika bermain ya.

Main sepeda ternyata bermanfaat lho untuk anak. Simak penjelasannya di video ini ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi