sign up SIGN UP search


parenting

Syarat Usia Masuk TK di Indonesia 4 - 6 Tahun, Bagaimana di Negara Lain?

Asri Ediyati   |   Haibunda Rabu, 18 Dec 2019 18:52 WIB
Sesuai Permendikbud, usia anak yang akan masuk TK adalah 4 - 6 tahun. Bagaimana dengan negara lain? caption
Jakarta - Permendikbud Nomor 44 tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baru saja ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI) Nadiem Anwar Makarim. Aturan baru ini salah satunya memuat tentang persyaratan calon peserta didik baru, seperti batas usia masuk TK dan kelas 1 SD.

Dalam pasal 4 dijelaskan bahwa persyaratan calon peserta didik baru pada TK dengan rincian sebagai berikut:


Pasal 4


Persyaratan calon peserta didik baru pada TK adalah:

a. Berusia 5 (lima) tahun atau paling rendah 4 (empat) tahun untuk kelompok A; dan

b. Berusia 6 (enam) tahun atau paling rendah 5 (lima) tahun untuk kelompok B.

Nah, bagaimana batas usia masuk TK di negara lain. Negara yang memberlakukan aturan yang sama terkait usia masuk TK di Indonesia adalah Amerika Serikat. Rata-rata usia anak TK di AS adalah 4 hingga 6 tahun.

Menurut Superpages, sebuah sumber online informasi lokal dari seluruh negara, total 32 negara bagian di Amerika Serikat mengharuskan seorang anak berusia 5 tahun masuk TK pada atau sebelum 1 September di tahun ia memulai sekolah.

Sementara 11 negara memiliki tanggal batas antara 1 September dan 15 Oktober. Ada juga 7 negara bagian yang menawarkan sekolah lokal pilihan untuk menentukan tanggal yang mereka tentukan sendiri ketika anak-anak harus mulai sekolah.

Lalu, mengutip National Center on Education and the Economy, TK di Korea Selatan mengharuskan anak mereka masuk dari usia 3 hingga 5 tahun.

Sama seperti di Korea Selatan, batas usia masuk TK di Jepang yakni 3 hingga 5 tahun. Umumnya, orang tua diharuskan mendaftarkan anaknya pada bulan Oktober atau November tahun sebelum anak mereka memulai kelas.

"Jika Anda mempertimbangkan untuk memasukkan anak di taman kanak-kanak, Anda harus mulai mengunjungi fasilitas sekitar Agustus atau September tahun ketika anak Anda berusia dua tahun. Setelah tahun ajaran dimulai pada bulan April, sangat sulit menemukan fasilitas yang dapat menerima anak Anda," demikian ditulis oleh Japan Health Info.

Berbeda lagi di negara Finlandia, menurut aturan, anak-anak harus masuk ke pendidikan prasekolah atau kegiatan serupa lainnya selama satu tahun sebelum pendidikan wajib dimulai. Pendidikan prasekolah (esiopetus) mempersiapkan anak-anak untuk sekolah komprehensif (SD hingga SMA). Anak-anak biasanya memasuki pendidikan prasekolah pada usia 6 tahun.

Jadi di Finlandia hanya mewajibkan anak usia 6 tahun untuk masuk TK. Di bawah usia 6 tahun, hitungannya tidak wajib dan masuk child care. Mereka memprioritaskan waktu bermain untuk anak-anak usia 0 - 6 tahun. Demikian dikutip dari Finland Info.

Simak juga buah yang bisa mencerdaskan anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!