parenting

Manfaat Mengajari Si Kecil Doa untuk Kedua Orang Tua

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 14 May 2019 12:59 WIB
Manfaat Mengajari Si Kecil Doa untuk Kedua Orang Tua
Jakarta - Ramadhan menjadi momen yang tepat untuk mengajarkan buah hati nilai-nilai religi. Sambil menunggu beduk maghrib, ajak si kecil melakukan kegiatan yang bisa mendekatkan pada nilai agama.

Selain mengaji, Bunda juga bisa melatih mereka untuk menghafalkan doa. Sebagai bentuk pengajaran nilai-nilai Islami pada anak, salah satunya yang dapat Bunda lakukan dengan mengajarkan anak-anak berbagai doa, termasuk doa untuk kedua orangtua. Mengutip buku My First Book of Prayers, doa untuk kedua orangtua yang dapat diajarkan seperti berikut:


Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa


Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orangtuaku dan kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka mengasihi aku sejak kecil."

Berbicara soal doa, memang sangat penting sekali, Bun, untuk diajarkan pada anak-anak sejak dini. Seperti diketahui bahwa banyak keutamaan dari berdoa. Paling utama, sebagai bentuk ibadah yang paling mudah dalam mengidentifikasi penghambaan diri manusia.

Manfaat Mengajari Si Kecil Doa untuk Kedua Orang TuaMengajari anak doa untuk orang tua/ Foto: shutterstock

Bahkan, Nabi Muhammad SAW telah menegaskan bahwa doa adalah ibadah. Terdapat keagungan makna ibadah dalam berdoa, sampai Allah murka terhadap orang-orang yang meninggalkan ibadah satu ini, seperti dipaparkan Ustaz Rizl Yulia, Lc dan dikutip dari laman Almanhaj.

Pengajaran ini sangatlah krusial untuk menanamkan kebiasaan pada anak agar selalu bertauhid, berserah diri pada Allah, berdoa, dan memohon hanya kepada Allah dalam segala hal. Anak merupakan amanat dari Allah SWT. Maka, orangtua wajib mengajarkan nilai-nilai keislaman pada anak-anaknya sebagai salah satu bentuk tanggung jawab mereka di dunia.


"Anak merupakan amanat yang dititipkan Allah pada orangtua. Amanat ini wajib dijaga dan dirawat sebaik-baiknya sebab akan diminta pertanggungjawabannya di hari kiamat kelak,"kata Ustaz Rizal menegaskan.

Selamat mencoba!

Saksikan juga yuk, keseruan anak kepo nanya-nanya tentang masakan ke seorang chef di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi