sign up SIGN UP search


parenting

10 Manfaat Anak Main Masak-masakan, Bisa Belajar Selesaikan Masalah

Siti Hafadzoh Minggu, 29 Dec 2019 19:00 WIB
10 Manfaat Anak Main Masak-masakan, Bisa Belajar Selesaikan Masalah caption
Jakarta - Saat masih kecil, anak perempuan biasanya suka bermain masak-masakan. Selain menyenangkan, permainan ini juga bermanfaat lho untuk perkembangan keterampilan anak.

Seiring usia, anak akan mencoba memerankan orang dewasa. Misalnya, main masak-masakan, menjadi guru, dokter, dan sebagainya. Hal ini ternyata, membantu mereka untuk memahami dunia nyata.


"Berperan di dunia imajiner dapat menghibur anak karena dunia nyata nampak besar dan menakutkan bagi mereka," kata Doris Bergen, Ph.D, profesor pendidikan psikologi di Miami University, dikutip dari Parents.


Selain untuk memahami dunia nyata, bermain masak-masakan juga punya manfaat lain lho. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 manfaat anak bermain masak-masakan.

1. Kreativitas dan imajinasi

Bermain masak-masakan adalah aktivitas yang menyenangkan untuk anak. Permainan ini dapat memperluas imajinasi dan memperkaya kreativitas anak.

Main masak-masakan memberi kesempatan anak untuk membuat resep masakan imajinatif. Mereka juga membuat skenario imajinatif untuk meniru perilaku orang dewasa.

2. Bahasa dan komunikasi

Anak memainkan peran ketika bermain masak-masakan. Ini dapat meningkatkan perkembangan bahasa dan komunikasi mereka.

Permainan masak-masakan memperluas kosakata anak melalui nama benda dan makanan baru. Mereka juga belajar kata kerja baru, seperti 'memasak', 'aduk', 'panas', atau 'dingin'.

3. Kemampuan sosial dan kerja tim

Masak-masakan mendorong anak untuk bermain dengan teman sebayanya. Bermain dengan teman dapat meningkatkan perkembangan sosial mereka.

Anak-anak berdiskusi tentang siapa yang akan berperan sebagai apa. Serta apa yang harus mereka masak dan bagaimana melakukannya. Permainan ini membuat anak mau bekerjasama untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.


4. Belajar perencanaan dan penyimpanan

Ketika main masak-masakan, anak akan menentukan peran yang berbeda untuk dia dan teman-temannya. Mereka juga mengatur bahan-bahan makanan tiruan.

Anak berpura-pura mengatur piring dan peralatan makan di lemari. Bahkan, mereka merencanakan apa yang akan dimasak berikutnya. Ini bisa mengajarkan anak untuk merencanakan sesuatu dan menyimpan barang-barang.

10 Manfaat Anak Main Masak-masakan, Bisa Belajar Selesaikan MasalahIlustrasi anak main masak-masakan/ Foto: iStock

5. Belajar menggunakan alat makan

Setelah main masak-masakan, biasanya anak akan berpura-pura makan. Ini menjadi kesempatan untuk anak belajar cara yang tepat untuk menggunakan peralatan makan.

6. Belajar untuk mandiri

Dengan bermain masak-masakan, anak belajar untuk mandiri dan percaya diri. Anak belajar untuk bertanggung jawab dengan mengatur barang-barang yang ada di dapur mainan.

7. Penyelesaian masalah

Main masak-masakan meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah. Ketika masalah muncul, anak akan belajar menyelesaikannya. Misalnya, ketika alat masak hilang, anak akan mencari barang tersebut atau mencari penggantinya.

8. Belajar berhitung

Bermain masak-masakan juga meningkatkan kemampuan berhitung. Anak-anak bisa menghitung berapa piring yang dibutuhkan dan berapa banyak bahan yang akan digunakan.

9. Memilih makanan sehat

Dengan memberikan buah, sayur, dan telur mainan yang dapat mendorong anak untuk memilih makanan sehat. Mereka membayangkan makanan yang pura-pura mereka masak. Ini akan membuat mereka mau mencoba makan makanan tersebut di kehidupan nyata.


10. Keterampilan motorik halus

Bermain masak-masakan membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka. Misalnya, dengan mengambil peralatan dapur mainan dan menggunakannya.

Secara tidak sadar, anak melakukan keterampilan motorik seperti menuang, menyortir, menjangkau, dan lain-lain. Anak juga jadi terdorong untuk melakukan banyak fungsi fisik lainnya, Bunda.

Bunda, pilih mainan anak sesuai usianya ya. Simak penjelasannya di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi