sign up SIGN UP search


parenting

8 Makanan & Minuman yang Bantu Redakan Demam Anak

Yuni Ayu Amida Rabu, 15 Jan 2020 09:31 WIB
Anak Bunda demam? Coba berikan beberapa makanan dan minuman ini untuk bantu meredakan demam anak. Tenang, makanan ini gampang dibuat di rumah kok. caption
Jakarta - Nafsu makan si kecil mungkin akan berkurang saat ia sakit atau demam. Tapi, Bunda tetap harus memastikan si kecil nutrisinya tercukupi. Nah, berikut ini rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi si kecil ketika demam.

Disampaikan dr.Purnamawati Sujud Sp.A(K), yang kerap disapa dr.Wati, saat anak demam jangan langsung panik. Hal pertama yang mesti dilakukan yakni cari penyebabnya.


"Biasanya karena infeksi virus. Kalau demam disertai batuk pilek, umumnya itu common cold atau ISPA. Lalu observasi, cegah anak dehidrasi dengan tetap memberi mereka cairan. Jadi orang tua tak perlu langsung panik," tegas Wati, dilansir detikcom.


Sayangnya, di Indonesia pemahaman ini belum dikomunikasikan secara luas, Bunda. Jadi saat anak demam, biasanya buru-buru diberi antibiotik, padahal saat demam anak tak mesti minum antibiotik. Meski begitu, bukan berarti harus memusuhi antibiotik. Karena yang penting diketahui adalah kapan harus menggunakan antibiotik.

"Ada infeksi bakteri yang tidak butuh antibiotik contohnya keracunan makanan, bisa penyebabnya virus bisa bakteri selama tidak berdarah diarenya enggak perlu antibiotik. Yang terpenting menjaga asupan cairan supaya enggak dehidrasi, dengan konsumsi oralit. Saat keracunan makanan, muntah atau diare adalah mekanisme alami mengeluarkan racun-racun itu," tutur Wati.

Nah, Bunda, berikut ini 8 makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat anak demam, dikutip dari berbagai sumber.

1. Madu

Kalau anak sedang demam atau sakit tenggorokan, Bunda bisa memberikannya madu. Penelitian menunjukkan, madu bisa mengurangi batuk dan meredakan iritasi di tenggorokan.

Madu bisa dikonsumsi secara langsung, atau bisa juga dicampurkan dengan air hangat terlebih dahulu. Tapi, anak-anak di bawah 12 bulan tidak boleh mengonsumsi madu karena berisiko botulisme.

2. Sup ayam

Sup ayam sangat bermanfaat untuk anak yang demam karena kaya protein dan nutrisi lainnya. Selain rasanya enak, sup ayam juga mudah dicerna. Sebaiknya, buatlah sup ayam dengan tambahan sayuran yang banyak. Ini akan memberi anak gizi dan nutrisi seimbang.

3. Wortel

8 Makanan & Minuman yang Bantu Redakan Demam AnakFoto: iStock


Wortel memiliki sifat sebagai obat. Makan wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjauhkan bakteri dan virus. Kita bisa memberikan anak wortel dalam bentuk dikukus sampai lembut. Atau bisa juga dijadikan sup wortel.

4. Buah jeruk

Buah yang mengandung vitamin C menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada si kecil yang demam. Vitamin C yang ada pada jeruk dapat membantu tubuh anak terhidrasi kembali dan kandungan gula dapat memberikan energi pada anak. Tapi buah jeruk tidak cocok bagi perut anak yang tidak terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman asam.

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada orang sakit. Menghirup aroma teh hijau juga bisa melegakan pilek dan flu yang menyumbat hidung.

Namun jangan lupa bahwa teh hijau juga mengandung kafein, jadi jika ingin memberikan pada anak pastikan jangan dengan dosis berlebih, satu cangkir cukup. Atau carilah obat dengan kandungan teh hijau.

6. Smoothies

Saat anak terkena demam, Bunda bisa membuatkannya smoothies. Yoghurt dan buah-buahan sebagai bahan pembuat smoothies bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

7. Teh hangat atau cairan hangat lainnya

Cairan panas bisa membuat tenggorokan yang sakit jadi lebih nyaman, serta memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Jadi, ketika anak demam, boleh seduhkan teh hangat untuk dia minum.

Teh hangat ini bisa menguatkan daya tahan tubuh dan melegakan hidung mampet. Tapi, jika anak tidak terlalu suka teh, bisa diganti dengan air hangat dicampur perasan lemon. Lemon mengandung vitamin C yang juga memperkuat sistem imun.

8. Jahe

Makanan atau minuman berbahan dasar jahe bisa meringankan demam atau flu, Bunda. Penelitian menunjukkan, jahe mengandung anti inflamasi dan efektif melawan mual. Jahe yang ditambahkan dalam teh atau sup juga bisa membantu redakan sakit tenggorokan dan perut mual.

Simak juga bolehkah anak diberi vaksin saat demam dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi