sign up SIGN UP search


parenting

Daftar Mainan Bayi 6-12 Bulan untuk Optimalkan Tumbuh Kembangnya

Siti Hafadzoh Jumat, 31 Jan 2020 20:24 WIB
Di usia 6 bulan ke atas, bayi mulai bisa melakukan berbagai hal. Nah, beberapa mainan berikut ini dapat mendukung perkembangan dan kemampuan si kecil lho, Bun. caption
Jakarta - Semakin hari, kemampuan bayi semakin bertambah. Di usia 6 bulan, bayi sudah mulai bisa duduk dengan tegak tanpa ditopang.

Menginjak usia 6 bulan ke atas, bayi juga mulai untuk merangkak dan belajar berdiri. Ia akan mencari benda-benda di sekitarnya untuk berpegangan ketika berdiri supaya seimbang.


Nah, supaya kemampuan kognitif dan fisik si kecil berkembang secara optimal, Bunda bisa berikan mainan yang mendukung nih. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 mainan untuk bayi usia 6-12 bulan yang bisa mendukung tumbuh kembangnya.


1. Mainan dengan tombol-tombol

Dikutip dari The Spruce, bayi menyukai mainan yang memiliki tombol-tombol yang ketika ditekan mengeluarkan cahaya atau suara. Mainan ini dapat berupa activity table.

Activity table yang berisi tombol warna-warni dapat menarik perhatian bayi. Ia perlu berdiri ketika mau bermain. Sehingga, ini dapat memperkuat kaki bayi untuk berdiri.

2. Alat musik

Bayi menyukai benda-benda yang bersuara ketika dimainkan. Misalnya, kerincingan, maracas, atau piano.

Suara akan keluar dengan melakukan tindakan sederhana, seperti menggerakkan atau menekan alat musik tersebut. Ini akan mengajarkan bayi tentang prinsip sebab akibat, Bun.

3. Balok

Balok adalah mainan yang baik untuk diberikan kepada bayi usia 6-12 bulan. Bayi akan mencoba menyusun balok dan meruntuhkannya lagi.

Namun, perhatikan mainan balok untuk si kecil ya. Hindari mainan balok dengan sudut tajam. Bunda bisa pilih balok yang terbuat dari karet atau yang lebih lunak untuk bayi di usia ini.

4. Walking toys

Di usia 10 bulan, bayi mulai mencoba untuk berdiri sambil berpegangan pada meja atau benda lain di sekitarnya. Nah, walking toys dapat membantu bayi untuk belajar berdiri dengan seimbang.

Ada beberapa walking toys yang bisa Bunda pilih. Misalnya, walking toys yang nantinya bisa diubah menjadi sepeda. Sehingga, bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

5. Puzzle

Puzzle sangat baik lho untuk tumbuh kembang bayi. Jenis puzzle yang cocok diberikan untuk bayi usia 6-12 bulan, adalah yang berukuran besar dan hanya terdiri dari tiga bagian untuk dipasang.

6. Cermin mainan

Cermin menjadi mainan yang baik untuk bayi. Dilansir Very Well Family, mainan ini akan mengajarkan keterampilan sosial kepada bayi. Misalnya, bayi belajar untuk membaca emosi di wajahnya sendiri.

Pilihlah cermin yang aman untuk si kecil, seperti sisi tajamnya sudah dilapisi kain. Cermin yang tidak mudah pecah adalah pilihan terbaik untuk menjadi mainan bayi.

Daftar Mainan Bayi 6-12 Bulan untuk Optimalkan Tumbuh KembangnyaIlustrasi mainan bayi/ Foto: iStock

7. Sensory ball


Bunda bisa belikan enam bola sensorik alias sensory ball untuk bayi. Keenam bola sensorik tersebut memiliki tekstur yang berbeda-beda.

Dengan mainan ini bayi akan belajar tentang berbagai tekstur. Ini akan membantu mengembangkan kemampuan kognitif dan keterampilan fisik bayi. Bola sensorik dapat mendorong bayi untuk merangkak juga lho.

8. Buku

Buku yang terbuat dari bahan tebal seperti papan atau karton/kardus menjadi pilihan mainan yang bagus. Buku yang berbahan kertas bisa saja robek karena digigit oleh si kecil. Lembaran buku yang lebih tebal dapat mempermudah bayi untuk membalik halamannya.

9. Cangkir yang ditumpuk

Cangkir yang ditumpuk bisa menjadi permainan yang menyenangkan untuk bayi di usia ini. Dikutip dari The Bump, menyusun cangkir dapat membantu anak melatih koordinasi tangan dan matanya. Permainan ini mengajarkan bayi tentang konsep objek yang permanen.


10. Barang-barang dapur

Di usia 6 bulan ke atas, bayi mulai suka mengeksplorasi banyak hal. Bayi bisa memainkan peralatan dapur seperti kardus sereal dan tempat makan plastik.

Semoga daftar mainan bayi ini bisa menjadi rekomendasi Bunda ketika membeli mainan untuk si kecil ya.

Bunda, simak manfaat mainan puzzle untuk anak berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi