parenting

5 Mainan Berbahaya untuk Bayi, Bisa Sebabkan Kematian

Siti Hafadzoh Sabtu, 01 Feb 2020 19:31 WIB
5 Mainan Berbahaya untuk Bayi, Bisa Sebabkan Kematian caption
Jakarta - Memberikan mainan yang menyenangkan untuk bayi, merupakan pilihan banyak orang tua untuk mendukung tumbuh kembangnya. Tapi, ada beberapa mainan yang bisa berbahaya bagi bayi lho, Bun. Terutama mainan yang berukuran kecil.

"Berhati-hatilah, jauhkan mainan berukuran lebih kecil dari anak di bawah umur," kata Neal Cohen, pengacara keselamatan konsumen di Washington, DC, dikutip dari Real Simple.


Bayi memiliki kecenderungan untuk memasukkan semua benda ke dalam mulutnya. Makanya, Bunda perlu menghindari bayi dari mainan yang berukuran kecil.


Hindari mainan dengan ukuran yang bisa masuk ke dalam mulut dan tenggorokan bayi. Dikutip dari Very Well Family, ukuran tenggorokan bayi atau anak kecil di bawah 3 tahun memiliki lebar sekitar 3,2 dan panjang 5,7 cm.

Supaya bayi memiliki mainan yang aman, Bunda dan Ayah perlu mengeceknya nih. Dikutip dari Kids Health, ini cara supaya bayi bermain dengan aman:

1. Cek mainan secara berkala untuk memastikan tidak ada bagian yang rusak atau pecah.

2. Buang atau perbaiki mainan yang rusak.

3. Pastikan mainan selalu bersih.

Nah, supaya Bunda dan Ayah tidak salah memilih mainan bayi, ada beberapa mainan berbahaya yang perlu diketahui. Berikut ini 5 mainan yang berbahaya untuk bayi. Bahkan, bisa menyebabkan kematian.

1. Bola kecil dan kelereng

Bayi memiliki rasa penasaran yang tinggi. Ia memasukkan semua barang ke dalam mulutnya.

Bola kecil dan kelereng sangat berbahaya karena bisa tertelan oleh bayi. Ini akan menyebabkan bayi tersedak dan tidak bisa bernapas.

Kalau Bunda ingin memberikan mainan bola untuk bayi, pastikan ukurannya besar. Sehingga, bayi tidak akan tersedak karena mainan tersebut.

5 Mainan Berbahaya untuk Bayi, Bisa Sebabkan KematianIlustrasi mainan bayi/ Foto: iStock

2. Magnet dengan daya tarik yang kuat

Magnet yang sangat kuat ini biasanya memiliki bentuk yang berbahaya untuk bayi, terutama jika tertelan. Magnet dapat menarik satu sama lain untuk satu sama lain melalui dinding usus, bahkan dapat menyebabkan kematian. Dalam beberapa kasus, diperlukan operasi untuk mengambil magnet ini dari dalam perut anak.

3. Mainan dengan baterai kecil

Mainan dengan baterai kecil bisa berbahaya untuk bayi. Ketika baterai terlepas, bayi akan penasaran dengan bentuk baterai yang mungil dan warnanya yang mengkilap.

Kalau bayi punya mainan yang berbaterai kecil, pastikan Bunda selalu mengawasinya ya. Jangan sampai baterainya terlepas dari mainan.

4. Peti mainan

Bukan hanya mainan kecil yang berbahaya bagi bayi. Kotak kayu besar yang digunakan untuk menyimpan mainan bayi juga bisa berbahaya untuk si kecil.

Bayi biasanya akan menjadikan peti mainan untuk menopangnya berdiri. Tapi, tutup peti mainan bisa saja jatuh dan melukai leher atau kepala bayi. Ini dapat menyebabkan luka serius bahkan kematian.


5. Balon

Meski balon adalah dekorasi favorit di ulang tahun anak, ini cukup membahayakan bayi. Jangan pernah biarkan anak di bawah umur 8 tahun untuk meniup balon sendiri ya, Bun. Meniup balon sambil menghirup udara dapat menyebabkan mati lemas pada anak-anak.

Jadi, perhatikan mainan bayi mulai dari bahan hingga ukurannya. Ini supaya mainan tersebut tidak membahayakan si kecil.

Bunda, lihat manfaat permainan puzzle untuk anak berikut ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi