sign up SIGN UP search


parenting

10 Mainan Bayi untuk Bantu Mengembangkan Keterampilan Motorik

Siti Hafadzoh Senin, 27 Jan 2020 17:04 WIB
Keterampilan motorik anak harus dilatih sejak dini. Salah satunya dengan mainan. Lihat mainan bayi untuk mengembangkan keterampilan motoriknya berikut ini yuk. caption
Jakarta - Bayi memerlukan berbagai mainan untuk merangsang tumbuh kembangnya. Selain untuk membuatnya menjadi ceria dan senang, mainan juga dapat mengembangkan keterampilan bayi, Bun. Salah satunya, keterampilan motorik, baik motorik halus maupun motorik kasar.

Motorik kasar merujuk pada gerakan yang melibatkan otot lebih besar, seperti lengan, kaki, atau seluruh tubuh. Biasanya digunakan untuk berjalan, berlari, dan melompat.


Sedangkan, keterampilan motorik halus umumnya mengacu pada gerakan yang melibatkan otot kecil, seperti yang ada di tangan, pergelangan tangan, dan jari. Misalnya, memegang krayon melibatkan motorik halus.


Kenapa motorik halus dan kasar perlu dikembangkan sejak dini? Menurut Pricila Cacola, asisten profesor kinesiologi di UT Arlington College of Nursing and Health Innovation, keterampilan motorik penting karena ini merupakan mediator perkembangan kemampuan lainnya.

"Mengembangkan keterampilan motorik anak sangat penting karena perkembangan motorik sebenarnya adalah mediator perkembangan kognitif, sosial, dan emosional," kata Cacola dikutip dari Science Daily.

Sehingga, keterampilan motorik halus dan kasar ini perlu dikembangkan sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan memberikan mainan bayi. Dilansir dari berbagai sumber, ini 10 mainan bayi untuk mengembangkan keterampilan motoriknya.

1. Kerincingan atau rattles

Salah satu mainan bayi terbaik untuk bayi baru lahir adalah kerincingan atau disebut juga rattles. Kerincingan menjadi objek yang menarik untuk dilihat anak.

Gerakkan mainan ke atas dan bawah, serta ke kiri dan ke kanan di depan mata bayi. Ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi apakah mata anak mengikuti gerakan mainan kerincingan.

Ketika bayi sudah bisa memegang, kerincingan bisa jadi mainan bayi yang tepat. Bayi akan memegang dan menggigit-gigit mainan ini. Suara kerincingan ketika digerakkan juga akan membuat bayi senang.

2. Puzzle untuk bayi

Puzzle adalah salah satu mainan bayi yang baik untuk mengembangkan motorik halusnya. Tapi, pemilihan puzzle ini perlu disesuaikan dengan usia dan perkembangan bayi, Bun. Puzzle berukuran besar bagus untuk bayi sebagai mainan pertamanya.

Seiring bertambahnya usia bayi, Bunda bisa memberikan puzzle dengan potongan yang lebih kecil. Padukan juga puzzle dengan bentuk dan tekstur yang berbeda-beda.

3. Kain warna-warni

Bayi menyukai mainan sederhana seperti kain warna-warni lho. Berikan kain dengan tekstur yang berbeda-beda kepada bayi. Biarkan bayi meraba tekstur kain tersebut. Selain itu, warna-warna yang cerah pada kain ini juga bisa menarik dan melatih mata bayi.

4. Bola sensorik

Bola sensorik dengan tekstur yang berbeda-beda menjadi mainan menyenangkan bagi bayi. Ketika bayi memegang bola sensorik, keterampilan motoriknya akan meningkat. Selain itu, ia juga mendapatkan manfaat sensorik yang menyenangkan.

10 Mainan Bayi untuk Bantu Mengembangkan Keterampilan MotorikIlustrasi mainan bayi/ Foto: iStock
5. Pop beads

Pop beads dapat meningkatkan keterampilan motorik bayi dalam berbagai cara. Pertama, pop beads baik untuk kemampuan bayi menggenggam benda. Kemudian, ketika sudah beranjak besar, bayi akan belajar untuk memisahkan manik-naik tersebut.

6. Winkel color burst

Warna-warnanya yang cerah akan menarik perhatian dan penglihatan bayi. Mainan ini juga mudah dipegang oleh bayi.

Selain itu, teksturnya yang lembut bisa menjadi teether untuk bayi ketika dia sedang tumbuh gigi. Simpan mainan ini di lemari es beberapa saat untuk memberi efek menenangkan gusi bayi ketika sedang tumbuh gigi.

7. Balok

Bunda bisa memberikan mainan balok dengan berbagai warna, ukuran, dan bahan. Balok yang terbuat dari busa, plastik, atau kayu dengan berbagai warna bisa menjadi pilihan nih, Bun.

Dengan bermain balok, keterampilan motorik halus bayi akan terasah. Saat bayi mengambil balok, menyatukannya, atau memukulnya ke lantai akan memperkuat keterampilan motoriknya.

8. Activity mat

Activity mat terdiri atas mainan dengan berbagai bentuk, seperti cincin-cincin dengan berbagai warna, boneka binatang, atau mainan yang berbunyi. Ukuran activity mat pun beragam, ada yang kecil, ada pula yang besar untuk ditempatkan di atas lantai.

Ketika bayi tiduran, ia akan mencoba meraih mainan yang ada di atasnya. Nah, ini akan mengembangkan keterampilan motorik halusnya.

9. Ring stacks

Ring stacks dapat melatih keterampilan motorik halus dan koordinasi antara tangan dan mata. Memegang mainan berbentuk cincin ini dan memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya akan membuat otot bayi bekerja.


10. Soft book

Buku tidak hanya bagus untuk keterampilan kognitif dan literasi. Tapi, buku juga berguna untuk mendorong perkembangan motorik halus bayi.

Buku berjenis soft book cenderung aman untuk bayi. Bayi bisa menggigit-gigit buku ini. Selain itu, lembaran-lembaran soft book mudah dibalik oleh bayi.

Bun, simak cara memilih mainan anak berikut ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi