Sign Up search


parenting

Cara Mengatasi Anak Susah Makan karena Tumbuh Gigi

Yuni Ayu Amida Senin, 10 Feb 2020 16:34 WIB
Cara Mengatasi Anak Susah Makan karena Tumbuh Gigi Cara Mengatasi Anak Susah Makan karena Tumbuh Gigi/ Foto: iStock
Jakarta - Tumbuh gigi adalah proses normal yang dialami setiap anak, Bunda. Hanya saja, dalam prosesnya tumbuh gigi bisa menyebabkan rasa sakit yang kemudian membuat anak jadi susah makan.

Dijelaskan dokter spesialis anak, Karen Richardson Gill, MD, FAAP, bayi mulai tumbuh gigi ketika mereka berusia antara 6 hingga 12 bulan. Pada saat seorang anak berusia 3 tahun, mereka harus memiliki 20 gigi pertama atau primer.


"Setiap bayi memiliki campuran gejala yang unik selama tumbuh gigi. Gejala yang paling umum adalah iritabilitas ringan dan kurang nafsu makan," ujar Gill, dilansir Healthline.


Gill menambahkan, beberapa gejala lain mungkin juga akan dirasakan anak di antaranya gusi terasa sakit, merah, dan membengkak, sering rewel, keluar banyak air liur, hingga jadi cepat marah. Di samping itu, meskipun tumbuh gigi adalah proses alami, ada beberapa metode yang bisa dicoba untuk membantu meringankan ketidaknyamanan anak.

"Mengonsumsi buah dan sayuran dingin sebagai makanan bayi, bisa jadi tonggak penting untuk mengurangi ketidaknyamanan tumbuh gigi," jelasnya.

Tak hanya itu, ketika bayi mulai susah makan saat tumbuh gigi, Bunda bisa coba atasi dengan cara berikut, seperti dilansir Strong Life.

1. Haluskan makanan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan karena Tumbuh GigiCara Mengatasi Anak Susah Makan karena Tumbuh Gigi/ Foto: Shutterstock


Saat anak tumbuh gigi, sebaiknya beri makanan dengan tekstur sangat lembut, seperti bubur, atau sayuran dan buah yang sudah dikukus lalu dihaluskan. Dalam artinya siapkan makanan yang bisa langsung ditelan tanpa harus dikunyah.

2. Beri makanan dingin

Masukkan makanan ke dalam kulkas agar dingin. Makanan dingin bisa membantu meredakan nyeri gusi pada anak yang sedang tumbuh gigi. Meski demikian, pastikan jangan terlalu dingin ya, Bunda. Melansir Mayo Clinic, kontak dengan makanan beku dalam beberapa kasus sebenarnya bisa berbahaya bagi mulut bayi.

3. Gunakan sendok karet

Saat tumbuh gigi, biasanya anak suka menggigit benda-benda, terutama yang berbahan dasar karet. Itu sebabnya, sebaiknya saat memberi makan anak yang tumbuh gigi, gunakan sendok karet.


Simak juga resep MPASI anak dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi