sign up SIGN UP search


parenting

Tips Pemberian MPASI agar Anak Tetap Doyan Makan Saat Tumbuh Gigi

Meita Fajriana Rabu, 28 Apr 2021 09:10 WIB
Ilustrasi MPASI caption

Tumbuh gigi menjadi salah satu proses pertumbuhan pada anak. Tumbuhnya gigi biasanya membuat anak sulit untuk makan. Bagaimana tidak, saat tumbuh gigi, anak merasa tidak nyaman pada area mulutnya. Sehingga mereka kesulitan untuk mengunyah dan menelan makanan. 

Keadaan ini tentunya menuntut bunda untuk lebih kreatif saat menyiapkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk si kecil. Mulai dari variasi hingga tekstur makanan harus disesuaikan sehingga anak mau makan. Bunda juga bisa membangun suasana makan yang menyenangkan bagi anak, seperti sambil bernyanyi. 

Dokter gigi anak, drg. Stella Lesmana, Sp. KGA mengungkapkan, gigi bayi biasanya pertama kali tumbuh dalam rentang 4-15 bulan dan akan terus tumbuh sampai 3 tahun.


"Range untuk gigi bayi tumbuh pertama kali itu agak luas ya. Mulai dari 4-15 bulan. Beda-beda setiap anak karena memang unik," kata dokter Stella lewat akun YouTube Tentang Anak yang dikutip pada Selasa (27/4).

Jadi Bunda bisa sesuaikan tekstur makanan sesuai usia  saat gigi mereka tumbuh. Tidak masalah untuk turun tekstur sementara waktu, hingga anak kembali nyaman. Namun jangan sampai terlalu lama karena bisa mempengaruhi tumbuh kembang si kecil.

Jenis MPASI untuk anak yang sedang tumbuh gigi:

Lantas jenis makanan seperti apa yang tepat diberikan kepada anak yang sedang tumbuh gigi? Bunda bisa lakukan tips berikut yang dilansir dari laman Strong4life:

1. Makanan dengan tekstur lembut

Makanan seperti yogurt, daging dan sayuran yang dihaluskan, dan buah-buahan yang direbus sangat baik untuk diberikan pada anak dalam masa tumbuh gigi ini, Bunda. Karena teksturnya lembut sehingga anak tidak perlu mengunyah terlalu keras.

2. Makanan manis dan asin

Selain buah-buahan, makanan manis dengan tekstur lembut yang bisa diberikan pada anak seperti puding dan cake sebagai camilan. Bunda juga memberikan anak makanan gurih seperti mashed potato yang bertekstur lembut. 

Apa lagi yang harus dilakukan saat memberikan MPASI pada anak tumbuh gigi? Simak tips lengkapnya di halaman berikut!

Bunda juga wajib tahu nih manfaat daging untuk MPASI:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYAJIAN MPASI SAAT ANAK SEDANG TUMBUH GIGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi