sign up SIGN UP search


parenting

3 Tips Berikan Edukasi tentang Virus Corona kepada Buah Hati

Annisa Afani Kamis, 12 Mar 2020 12:28 WIB
Sejauh ini bagaimana cara Bunda menjelaskan pada anak mengenai virus corona? Apa mereka dapat paham dan mengerti? caption
Jakarta - Bunda, sampai saat ini anak-anak sudah mulai bertanya mengenai virus corona? Jika sudah, itu adalah hal yang normal. Lalu, bagaimana cara Bunda menjelaskannya?

Apa saja yang sudah Bunda jelaskan kepada mereka? Lalu bagaimana sikap mereka setelah memahami penjelasan dari Bunda?

Dilansir dari Psychology Today, ada tiga tips yang dapat Bunda jelaskan kepada anak saat mereka bertanya mengenai virus Corona yang saat ini sudah masuk Indonesia. Begini caranya:


1. Katakan fakta

Bunda bisa menjelaskan kepada anak apa dan bagaimana virus Corona telah berkembang hingga saat ini. Jelaskan juga kepada mereka bahwa virus yang menular ini belum ada obatnya, namun dapat ditangkal dengan kekebalan dan daya tahan tubuh yang kuat.

Untuk membangun kekebalan dan daya tahan tubuh, Bunda bisa mengatakan kepada buah hati untuk selalu menjaga kesehatan serta kebersihan diri. Ajarkan juga kepada anak apa saja gejala yang timbul akibat terjangkit virus tersebut seperti demam, batuk, dan sesak napas.

Ilustrasi mencegah coronaIlustrasi mencegah corona/ Foto: shutterstock


2. Jaga kebersihan

Setelah diberi penjelasan mengenai risiko penularannya, jangan lupa mengajarkan kepada mereka beberapa tindakan yang harus menjadi kebiasaan agar anak tetap melakukannya meski saat di luar pengawasan orangtua, di antaranya:

- Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun, terutama sebelum makan atau menyentuh makanan, setelah BAB dan setelah melakukan aktivitas.

- Menghindari kontak langsung dengan siapa pun yang sedang batuk, bersin, atau yang sedang merasa sakit.

- Katakan pada anak untuk tetap tinggal di rumah jika merasa kurang sehat agar tidak menularkan penyakit kepada orang lain.

- Sarankan untuk menggunakan masker jika sedang sakit. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus kepada oran lain.


3. Kesiapan


Untuk sigap menanggapi virus ini, Bunda bisa mengajak si kecil dengan melibatkannya dalam upaya melindungi diri dari penularan atau efek buruk akibat wabah tersebut. Misalnya dengan ikut membantu dalam menyiapkan beberapa perlengkapan untuk menghentikan penyebaran virus di lingkungan rumah, termasuk merawat dan membersihkan bersama-sama lingkungan tempat tinggal.

Lihat juga yuk Bun, tips mengatasi demam pada anak pada video berikut

[Gambas:Video Haibunda]






(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi