Sign Up search


parenting

10 Obat Herbal Plus Cara Membuatnya untuk Atasi Batuk Anak

Annisa Afani Senin, 16 Mar 2020 19:35 WIB
10 Obat Herbal Plus Cara Membuatnya untuk Atasi Batuk Anak caption
Jakarta - Orangtua selalu berusaha agar anaknya tumbuh baik dan sehat. Namun, ada kalanya kondisi anak tidak baik, sehingga membuatnya terserang batuk atau pilek. 

Bunda, dilansir dari Pharmacy Times, ternyata hampir setiap anak mengalami batuk dalam setahun. Beberapa peneliti menemukan bahwa anak-anak bisa menderita batuk yang akut dan kronis pada beberapa waktu tertentu.


Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan ya Bun kalau dialami langsung oleh anak sendiri. Para penulis The Archive of Disease in Childhood menyatakan bahwa batuk dapat terjadi berdasarkan infeksi bakteri atau infeksi saluran pernapasan.


Ada beberapa anak yang batuk pasca-infeksi disebabkan mikoplasma, pertuis, atau klamidia, atau bahkan menderita TBC meskipun jarang terjadi. Tapi ternyata batuk merupakan bagian yang penting juga dari sistem pertahanan tubuh lho Bun karena batuk dapat membantu menghilangkan mikroba atau iritasi yang berpotensi membahayakan tubuh.

Nah Bun, ada beberapa jenis batuk yang biasanya dialami oleh anak, baik berdahak hingga kering. Tak melulu anak harus mengonsumsi obat dari dokter karena biasanya anak bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun Bunda bisa membuat obat alami yang bisa dibuat sendiri dan aman untuk anak-anak. Berikut obat batuk alami yang bisa Bunda bikin di rumah dilansir dari detikcom:

1. Daun kemangi

Selain digunakan sebagai lalapan, daun kemangi juga dapat dijadikan obat herbal untuk meredakan batuk lho Bun. Caranya, Bunda bisa menyajikannya sebagai jus atau juga bisa direbus.

2. Daun seledri

Selain daun kemangi, Bunda juga bisa menggunakan daun seledri sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi batuk. Buat jus seledri dan ditambahkan 1 sendok madu. Dikonsumsi setiap 3 jam sekali maka batuk dapat teratasi.

3. Daun sirih

Daun sirih mengandung antiseptik dan antibakteri di dalamnya. Bunda bisa memanfaatkannya untuk meredakan batuk kering dan juga gatal pada tenggorokan. Caranya, bunda bisa merebusnya dan tambahkan satu potong jahe untuk dijadikan minuman pereda batuk.

4. Jahe

Ada banyak khasiat yang dapat diperoleh dari jahe. Selain dapat meningkatkan suhu tubuh, jahe juga memiliki anti-bakteria di dalamnya, yang bekerja untuk mengobati batuk. Bunda bisa menyajikannya sebagai obat batuk dengan mengolahnya menjadi wedang.

{SEO} Obat Alami yang Bisa Bunda Buat untuk Obati Anak BatukIlustrasi anak batuk/Foto: iStock
5. Lemon dan jeruk nipis

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta anti-bakteria, kedua buah ini berkhasiat membasmi bakteri dalam tubuh. Bunda bisa menggunakan perasan jeruk dan lemon yang ditambahkan 1 sendok madu dan segelas air untuk diminum.

6. Bawang merah dan putih

Bahan dapur ini berguna juga Bun sebagai obat batuk. Bawang merah mengandung phytochemical, dan anti-bakteri yang terkandung dalam bawang putih ampuh mampu mengatasi batuk disertai rasa gatal, lho Bun.

Caranya, bisa dikonsumsi secara mentah atau dijadikan jus. Untuk rasa, tentunya sangat tidak enak Bun, tapi ini sangat ampuh untuk mengatasi batuk kering.

7. Garam

Bahan dapur lainnya yang dapat digunakan sebagai obat batuk adalah garam dengan khasiatnya yang mengatasi gatal dan bengkak di tenggorokan. Bunda bisa menggunakannya dengan cara dicampurkan ke air hangat sebanyak 1-2 sendok. Aduk hingga merata, lalu diminum.

8. Asam Jawa dan gula merah

Dua bahan ini dapat menjadi obat alami untuk mengatasi batuk dan gatal pada tenggorokan. Caranya, Bunda bisa mencampurkan 2 bahan ini ke dalam segelas air hangat. Lalu aduk dan bisa diminum.

9. Daun Kayu putih

Daun kayu putih yang biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh, ternyata juga bisa digunakan juga untuk batuk. Caranya, rebus beberapa lembar daun hingga mendidih, lalu biarkan hingga suhunya turun. Minum dalam keadaan hangat ya Bun.


10. Daun papermint

Daun dengan kandungan mentol yang menyegarkan ini juga dapat meringankan tenggorokan yang gatal Bun. Menjadikannya obat batuk untuk anak cukup ampuh dan aman.

Caranya rebus daun papermint kemudian hirup uap rebusannya. Ini cukup ampuh meredakan batuk berdahak, dan kering untuk anak-anak maupun dewasa.

Lihat juga tips membuat obat herbal mengatasi demam anak pada video berikut Bun:

[Gambas:Video Haibunda]

(AFN/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi