Sign Up search


parenting

4 Ciri-ciri Madu Asli, Bunda Wajib Tahu!

Haikal Luthfi Selasa, 17 Mar 2020 10:52 WIB
4 Ciri-ciri Madu Asli, Bunda Wajib Tahu! caption
Jakarta -

Bunda harus tahu, tidak semua madu yang beredar di pasaran terjamin kemurniannya alias 'oplosan' karena sudah tercampur dengan bahan lain seperti adanya komposisi glukosa, fruktosa dan lain-lain. Manfaat madu memang tidak perlu diragukan lagi, merupakan bahan nektar yang diperoleh lebah dari bunga-bunga. Nektar tersebut selanjutnya dikumpulkan pada sarang lebah yang pada prosesnya bisa menjadi madu.

Madu memiliki segudang khasiat yang baik untuk tubuh, mulai untuk kesehatan hingga kecantikan. Tak ayal membuat madu merupakan komoditas yang dibutuhkan oleh banyak orang. Namun, tak jarang pula ditemukan madu oplosan yang keaslianya patut dipertanyakan. Alih-alih menyehatkan, malah menyesatkan.


Memang agak sulit membedakan mana madu yang benar-benar asli dan yang tidak hanya dengan melihat dari kemasannya saja. Mengutip dari laman food.ndtv, ciri ciri madu asli dapat diketahui dengan cara mengujinya, di antaranya:

1. Tidak mudah larut dalam air

Ambil satu sendok teh madu, kemudian larutkan ke dalam segelas air. Madu yang tidak murni alias palsu akan larut dalam air, sedangkan madu asli akan mengendap seperti gumpalan tepat di dasar gelas.


2. Tidak mudah lengket

Teteskan sedikit madu pada jemari Bunda dan periksa apakah lengket atau tidak. Madu palsu akan cenderung lengket karena mengandung bahan tambahan.

{SEO} 4 Ciri-ciri Madu Asli yang Perlu Bunda TahuIlustrasi madu/Foto: Getty Images/iStockphoto/Niteenrk

3. Menguji dengan korek api

Madu asli dapat diketahui dengan cara melumurinya dengan batang korek api. Kemudian, nyalakan korek seperti biasa. Apabila batang korek tidak menyala, bisa dipastikan madu tersebut tidak asli.

4. Gunakan cuka

Tuangkan satu sendok madu pada wadah tertentu, kemudian tambahkan sedikit air dan 2-3 tetes cuka secara bersamaan. Apabila campuran ini berbusa, ada kemungkinan madu tersebut tidak asli.

Simak juga Bunda manfaat madu sebagai detoksifikasi tubuh:

[Gambas:Video Haibunda]










(haf/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi