sign up SIGN UP search


parenting

5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Anak: Sumber Energi hingga Redakan Alergi

Yuni Ayu Amida Sabtu, 25 Jan 2020 17:00 WIB
Manfaat madu untuk si kecil sangat banyak, Bunda. Mulai dari memenuhi kebutuhan energinya agar semangat beraktivitas, bahkan bisa juga untuk meredakan alergi. caption
Jakarta - Madu adalah salah satu bahan pangan yang banyak manfaatnya, Bunda. Kandungan nutrisi dalam madu baik untuk dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa.

Dikatakan dr.Anna Khuzaimah, untuk merasakan manfaat madu secara maksimal, ada tips untuk mengonsumsinya. Pertama, konsumsi madu dengan dicampur air putih hangat atau dingin terlebih dahulu. Hal ini agar madu jadi lebih mudah dicerna tubuh.


"Kalau orang pakai madu dicampur-campur untuk mengambil manisnya saja sebetulnya boleh. Ada manfaat dari nutrisinya, tetapi tentu akan ada beberapa yang tidak terabsorbsi dengan baik. Kalau memang mau memaksimalkan fungsi madu pakai air putih," kata Anna, dilansir detikcom.


Anna menambahkan, sebaiknya madu dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Tujuannya agar nutrisi dapat diserap maksimal karena berinteraksi dengan enzim di perut.

"Kalau minum saat perut kita terisi penuh itu tidak akan maksimal. Karena madu jadi tidak akan berinteraksi penuh dengan enzim di perut," jelas Anna.

"Telan pelan-pelan, dikulum, supaya cairan madu dapat melapisi seluruh saluran cerna. Kalau di luar negeri, pasien radioterapi suka diberi madu supaya luka di mulut dapat cepat sembuh," sambungnya.

Di samping penjelasan Anna soal cara mengonsumsi madu tersebut, Bunda juga mesti tahu manfaat madu untuk si kecil. Nah, berikut ini HaiBunda rangkum dari Mom Junction, 5 manfaat madu yang bisa dirasakan si kecil.

5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Anak: Sumber Energi hingga Redakan Alergi5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Anak: Sumber Energi hingga Redakan Alergi/ Foto: iStock/istimewa


1. Sumber energi

Satu sendok teh madu mengandung sekitar 20 - 30 kalori. Dapat ditambahkan ke makanan anak untuk memenuhi total kebutuhan kalori mereka. Gula alami yang ada dalam madu, serta kandungan zat besi dan vitamin kompleks lainnya, sangat berkontribusi untuk melindungi daya tahan tubuh anak.

Memberikan madu secara rutin, akan membuat si kecil lebih bersemangat dan berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Obat luka

Madu dikenal karena khasiat penyembuhannya. Tidak hanya untuk diminum, madu juga memiliki sifat antimikroba dan perbaikan luka yang dapat membantu mengobati lesi, gigitan serangga, luka bakar, bisul dan lainnya dengan cara dioles. Selain itu, campuran madu dengan minyak zaitun dapat membantu merawat kulit yang rusak dan kondisi seperti psoriasis atau dermatitis atopik pada anak-anak.

3. Meredakan batuk dan flu

Madu murni memiliki sifat bakterisidal dan antivirus terhadap bakteri patogen dan enteropatogen. Kualitas baik pada madu ini menjadi alasan untuk penggunaan madu dalam pengobatan Ayurvedic, terutama untuk mengobati batuk dan pilek. Tak hanya itu, konsumsi madu dengan rutin bisa mencegah masalah gigi seperti kerusakan gigi.

4. Baik untuk pencernaan

Madu mengandung bakteri baik seperti laktobasilus dan bifidobacteria. Bakteri ini mampu melawan bakteri jahat dalam usus si kecil. Jadi, saat anak mengalami konstipasi dan diare, bisa ditumpas dengan mengonsumsi madu, dan sebaiknya diminum saat perut kosong.

5. Redakan alergi

Madu memiliki sifat antiperadangan, jadi bisa digunakan untuk meringankan gejala alergi. Jadi saat si kecil merasa gatal, mata bengkak, atau reaksi alergi lainnya, madu bisa jadi obat pertama untuk meredakan sakitnya.

Selamat mencoba, Bunda.


Simak juga resep es merah delima susu madu dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi