Sign Up search


parenting

6 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Ada di Rumah Saat Cuaca Dingin

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 17 Mar 2020 17:27 WIB
6 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Ada di Rumah Saat Cuaca Dingin caption
Jakarta - Bunda baru melahirkan? Kebetulan kini cuaca lagi enggak menentu nih, Bun. Kadang hujan deras kadang panas terik. Nah, saat cuaca hujan Bunda perlu memastikan beberapa perlengkapan bayi ada di rumah.

Seperti kata dokter anak Camille Sabella, MD, imunitas bayi baru lahir masih amat lemah. Utamanya faktor lingkungan masih amat memengaruhi kondisinya, salah sayunya cuaca atau suhu yang amat dingin.




"Imunitas bayi baru lahir baru terbentuk sempurna saat mereka usia 3 bulan karena saat itu imunnya sedang berkembang," kata Sabella mengutip Health Clevelend.

Termasuk paparan udara dingin saja sudah bisa mengganggu kesehatan bayi, Bun. Dilansir Littlesunhat, dokter anak Hannah Chow bilang paparan suhu terlalu panas atau dingin di bawah 12 Celcius enggak baik buat bayi.

Maka dari itu, usahakan Bunda tak terlalu memapar bayi baru lahir, di bawah usia 3 bulan dengan suhu terlalu dingin. Nah, dirangkum dari berbagai sumber di cuaca hujan atau suhu dingin pastikan ada perlengkapan bayi baru lahir berikut ya:

1. Baju panjang

Mau berbentuk onesie atau atas-bawah usahakan pakaikan baju si kecil berlengan panjang atau berbentuk piyama. Pastikan pilih pakaian berbahan katun supaya enggak gerah dan tetap bikin bayi nyaman karena enggak gerah.

ilustrasi bayi baru lahirilustrasi bayi baru lahir/ Foto: Dhani Irawan/detikcom
2. Selimut

Saat bayi tidur pastikan selimuti si kecil ya. Tapi ingat, jangan sampai selimut membelit atau menindih bayi ya, Bunda.

3. Topi

Jika cuaca dingin sekali, Bunda bisa memakaikan si kecil topi agar dia makin hangat. Pilih topi dengan bahan rajut dan katun ya.

5. Kaus kaki



Kalau suhu dingin sekali, Bunda bisa memakaikan bayi kaus kaki. Tapi, pilih yang ukurannya tak terlalu ketat karena bisa menghambat aliran darah di kaki dan itu bisa bikin bayi enggak nyaman.

6. Minyak hangat

Untuk bikin si kecil hangat dan makin hangat, bila perlu Bunda bisa pakai minyak hangat. Pastikan si bayi tak alergi dengan minyak hangatnya ya, Bun.

Cek daya serap 5 merek popok di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi