Sign Up search


parenting

7 Jenis Pakaian yang Perlu Disiapkan untuk Bayi Baru Lahir

Annisa Karnesyia & Annisa Karnesyia Minggu, 22 Mar 2020 11:02 WIB
7 Jenis Pakaian yang Perlu Disiapkan untuk Bayi Baru Lahir Ilustrasi baju bayi/ Foto: Getty Images/pixdeluxe
Jakarta - Pakaian menjadi salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dimiliki. Sebab, bayi baru lahir rentan mengalami kedinginan, Bunda.

Memilih pakaian bayi baru lahir sebenarnya enggak perlu ribet. Dibandingkan harus memilih yang motifnya lucu, Bunda sebaiknya cari yang dapat cepat dipakaikan ke anak.


"Meski kita ingin beberapa pakaian lucu yang menunjukkan bayi kita imut, tapi itu tidak diperlukan di minggu-minggu pertama," kata Konsultan Laktasi Wendy Wisner, dikutip dari Very Well Family, Minggu (22/3/2020).


Wisner menyarankan untuk memilih pakaian sederhana, polos, serta mudah dan nyaman digunakan. Paling baik adalah tidak terlalu banyak membeli karena bayi cepat tumbuh.

"Pada saat yang sama pakaiannya akan berubah, pakaian bayi baru lahir cenderung mudah berantakan," ujar Wisner.

Nah, untuk Bunda yang bingung berapa potong pakaian yang harus dibeli, berikut telah HaiBunda rangkum daftarnya. Khusus untuk tiga bulan pertama usia anak, seperti seperti dilansir laman Baby Centre. Catat ya, Bun!

1. Onesie atau jumpsuit

Pakaian jenis ini cocok untuk tidur dan bermain. Onesie sangat nyaman, terutama untuk bayi baru lahir yang sering tidur siang.

Carilah onesie yang memiliki kancing zip di bagian depan agar mudah dilepas saat mengganti popok. Bunda bisa siapkan sekitar 7 sampai 10 onesie di tiga bulan pertama usia anak.

2. Legging

Celana lengging mudah melar sehingga memudahkan kita mengganti popok si kecil tanpa melepas semua pakaian. Siapkan sekitar 5 sampai 7 celana legging.

Ilustrasi pakaian bayiIlustrasi pakaian bayi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/StockPlanets

3. Baju kemeja

Baju kemeja untuk tiga bulan pertama usia bayi bisa sekitar 5 sampai 7 potong. Kemeja lengan panjang atau pendek dengan lingkar leher yang agak melar dibutuhkan untuk digunakan bersama legging atau celana bayi.

4. Jaket atau kardigan

Belilah sekitar 3 sampai 5 jaket untuk menghangatkan bayi baru lahir. Carilah bahan yang halus, nyaman, dan hangat. Usahakan untuk membeli ukuran yang lebih besar atau longgar, Bun.

5. Topi dan sarung tangan

Siapkan 2 topi lebar yang menutupi telinga dan 2 pasang sarung tangan untuk si kecil yang baru lahir. Topi bisa melindunginya dari panas matahari. Selain itu dapat menutupi telinga jika kedinginan seperti fungsi sarung tangan.

6. Kaos kaki atau sepatu bot

Kaos kaki adalah barang yang mudah hilang, terutama saat kita sedang membawa bayi keluar rumah. Bunda sebaiknya siapkan 5 sampai 7 kaus kaki dan sepatu bot dan beli yang harganya murah.


7. Baju tidur

Saat membeli baju tidur untuk anak, ingatlah keselamatan, kenyamanan, dan kemudahan untuk melepasnya saat mengganti popok. Hindari membeli baju tidur yang sulit dilepas atau dipakaikan ke bayi.

Carilah baju dengan bahan kain lembut seperti kain katun, atau berbahan poliester. Hindari terlalu banyak hiasan seperti pita, tali, dasi, atau lainnya yang bisa melilit bayi atau membuatnya tersedak. Bunda bisa siapkan 5 sampai 7 baju tidur ya.

Simak juga cara memandikan bayi yang tepat, di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi