sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Menyimpan Daun Bawang agar Tetap Segar

Maya Sofia Sabtu, 02 May 2020 05:30 WIB
Daun bawang caption
Jakarta - Memastikan stok bahan makanan di tengah pandemi corona saat ini jadi tantangan tersendiri bagi para ibu rumah tangga. Supaya tak perlu sering belanja bahan makanan lain ke luar rumah, diperlukan trik menyimpan sayuran agar tetap segar.

Salah satu sayuran yang banyak digunakan dalam masakan adalah daun bawang. Jika tak disimpan dengan tepat, daun bawang mudah membusuk.


Nah, bagaimana menyimpan daun bawang agar tetap segar? Berikut tipsnya dikutip dari berbagai sumber.


1. Pakai stoples kaca

Siapkan stoples kaca atau wadah kaca dengan ukuran yang cukup tinggi. Setelah itu isi stoples dengan air kurang lebih 2,5 hingga 5 cm dari tinggi stoples.

Setelah itu masukkan daun bawang yang telah dicuci. Taruh daun bawang ke dalam stoples dengan posisi akar di bagian bawah.

Tutup stoples atau wadah kaca dengan menggunakan plastik. Kemudian ikat dengan karet hingga permukaan stoples tertutup rapat.

Masukkan ke dalam kulkas. Jangan lupa ganti air di dalam stoples setiap beberapa hari sekali.

Ilustrasi cara menyimpan daun bawang agar tetap segarIlustrasi cara menyimpan daun bawang agar tetap segar. (Foto: iStock)


2. Pakai paper towel

Jika terdapat paper towel atau handuk kertas di rumah, Bunda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan daun bawang.

Caranya potong bagian akar daun bawang. Setelah itu bagi dua daun bawang. Gunakan paper towel untuk menyerap cairan yang mungkin ada pada daun bawang.

Setelah itu bungkus daun bawang menggunakan paper towel. Daun bawang yang sudah dibungkus kemudian dimasukkan ke dalam plastik ziplock.

Taruh dalam kulkas. Pastikan tidak ada wadah atau makanan yang menumpuk di atasnya.

Selamat mencoba, Bunda.


Bunda juga bisa simak resep sop bening dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!