sign up SIGN UP search


parenting

Lebih Baik Mana, Bikin Susu dengan Air Kemasan atau Air Ledeng?

Zika Zakiya Kamis, 21 May 2020 15:42 WIB
Happy little asian girl hand holding drinking milk glass, sitting on sofa at home. Medicine and health care concept. Ilustrasi anak minum susu/Foto: iStock
Jakarta -

Susu untuk anak diberikan untuk menambah gizi dan memperkuat daya tahan tubuhnya. Bahan utama pembuat susu, selain susu itu sendiri, tentu saja adalah air.

Air merupakan unsur penting dalam tubuh anak karena bisa membantu fokusnya di sekolah. Mengingat air tidak diproduksi di dalam tubuh manusia, maka adalah tugas Bunda untuk memastikan anak terhidrasi dengan baik.


Pertanyaan ini muncul alam sesi Kuliah WhatsApp HaiBunda bersama AQUA, Rabu (20/02/2020) dalam tema 'Hidrasi Sehat untuk Keluarga Sehat di Bulan Ramadhan'. Hadir sebagai narasumber adalah dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K),MPH dari Divisi Tumbuh Kembang - Pediatri Sosial Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM.


Kembali ke susu, jika demikian, mana lebih baik untuk air pembuat susu anak? Lebih baik air kemasan atau air ledeng? Berikut kutipannya, Bun:

"1. Apakah aman memberikan anak minum air kemasan untuk membuat susu maupun mpasi nya seperti Aqua?
 2. Apa bedanya air kemasan dengan air rebus biasa dan apakah ada efek jangka panjang jika mengkonsumsi air minum kemasan?" Melda, 30, Jakarta.

Ilustrasi anak minum susuIlustrasi anak minum susu/ Foto: iStock

Jawab:
1. Air minum kemasan seperti AQUA aman diberikan pada bayi untuk menambahkan pada pembuatan susu maupun pembuatan MPASI. Biasanya dalam membuat susu formula pada bayi dibutuhkan air bersuhu sekitar 70 C untuk membunuh bakteri yang mungkin masih ada pada susu bubuk. Setelah itu dapat ditambahkan air minum kemasan agar susu tidak terlalu panas.


2. Air rebus biasa merupakan air dari ledeng, sungai atau lainnya yang direbus terlebih dahulu agar terjamin dapat mematikan kuman yang berbahaya. Efek jangka panjang air rebusan seharusnya tidak ada, jika kualitas air terjamin cukup baik seperti tidak mengandung kandungan yang berbahaya seperti logam tertentu.

Air kemasan yang baik, tidak mengandung zat berbahaya, sehingga tidak memiliki efek jangka panjang yang buruk bahkan diharapkan justru memberikan efek jangka panjang yang baik.

Semoga jawaban tadi membantu ya, Bun. Simak juga video di bawah ini mengenai cara mengenal berbagai macam jenis susu.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi