sign up SIGN UP search


parenting

Terlalu Lama di Rumah Selama Pandemi, Anak Bisa Alami Nature Deficit Disorder

Siti Hafadzoh Kamis, 25 Jun 2020 09:46 WIB
anak bermain caption
Jakarta -

Anak-anak membutuhkan waktu untuk bermain di ruangan terbuka hijau. Mereka butuh bermain-main di alam untuk membantu perkembangannya.

Namun, karena adanya pandemi corona, ruang bergerak anak-anak jadi terbatas. Mereka terpaksa harus di rumah saja dan tidak bisa bermain di taman bersama teman-temannya. Hal ini ternyata menimbulkan masalah bagi mereka.

Seorang ibu bernama Kiona Gardner mencurigai kedua anaknya yang berumur 9 dan 12 tahun mengalami nature deficit disorder. Kondisi non medis yang menunjukkan sedikit waktu di luar rumah dapat memengaruhi perilaku anak-anak.


Dilansir New York Times, rumah milik keluarga Gardner ini tidak memiliki lapangan atau taman. Mereka hanya menghabiskan waktu di dalam rumah.

"Mereka stres dan cemas," kata Gardner.

Ia mengatakan, keluarganya sekarang merasa cukup aman untuk melanjutkan kehidupan normal lagi. Gardner berencana untuk memprioritaskan anak-anak bermain di luar.

"Saya benar-benar ingin menemukan keseimbangan. Kebutuhan anak pertama saya untuk kembali bermain basket. Tapi, saya juga ingin mereka berdua memiliki waktu untuk bebas bermain dan tidak perlu khawatir sakit," jelasnya.

Penelitian menunjukkan, akses ke alam terkait dengan kesejahteraan anak. Misalnya, bermain di lapangan sekolah dapat membantu anak untuk bekerja sama.

Bermain di luar ruangan dapat membantu anak untuk berinteraksi dengan teman sebayanya lho, Bunda. Mereka bisa bercakap bersama dan meningkatkan keterampilan sosial serta komunikasi.

"Ketika si dedek bermain dan bermain bersama temannya ia akan berpikir, 'oh ternyata bermain bersama itu menyenangkan ya atau duh aku butuh teman main nih', maka ketika ia bermain dengan teman sebayanya ia akan percaya diri, malah dengan sendirinya ia akan mencari teman bermain. Dari situ bisa dilihat secara komunikasi akan lebih baik," kata Bayu Wijanarko, seorang toys expert.

Jadi, kalau ada kesempatan, biarkan anak untuk bermain di luar ruangan ya, Bunda. Supaya ia tidak mengalami nature deficit disorder.

Lihat juga pesan bijak Lenna Tan untuk orang yang ingin menikah muda di video berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi