parenting

5 Manfaat Anak Main Catur: Fokus hingga Tingkatkan Perkembangan Otak

Melly Febrida   |   HaiBunda

Jumat, 10 Jul 2020 08:45 WIB

Jakarta -

Anak-anak pasti bosan banget hampir empat bulan di rumah terus. Akhirnya, kalau nggak main ponsel, nonton televisi, atau main video game. Ayah atau Bunda yang bisa main catur, enggak ada salahnya ajak anak bermain. Apa manfaatnya?

Profesional komunikasi Anupama Subramaniyam menyadari, permainan ini butuh waktu lama untuk diselesaikan, dengan gerakan yang lambat tapi dipikirkan secara kritis, dengan banyak strategi yang terlibat.

"Apakah anak Anda siap untuk duduk selama beberapa jam, dan merencanakan menggerakkan beberapa pion catur di papan agar menang? Mainan ini lebih bagus, karena catur dapat meningkatkan kehidupan anak-anak dalam berbagai cara," kata Subramaniyam, dikutip dari Moms.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Bagi sebagian besar orang, catur dianggap hanya permainan papan. Memang anak yang ikut klub catur belum banyak, tapi catur memainkan peran penting dalam pendidikan di banyak bagian dunia. Armenia termasuk negara yang menjadikan catur sebagai 'pelajaran' wajib untuk dipelajari.

Bahkan menurut Subramaniyam, dengan bermain catur, orang tua melihat ada perbedaan dalam perilaku anak, seperti lebih sabar dan jarang marah-marah. Berikut beberapa manfaat anak belajar bermain catur:

1. Fokus

Subramaniyam mengatakan, manfaat tersembunyi adalah catur bisa membantu anak lebih fokus. Permainan ini butuh waktu untuk membuat keputusan penting, memaksa pemain untuk tenang di bawah tekanan, tapi tetap fokus.

"Dengan fokus ini bisa mencerminkan perilaku sehari-hari pada kegiatan lain seperti belajar, tugas, dan membaca. Ini juga melatih kesabaran dan tingkat kemarahan jadi lebih rendah, seperti halnya bermain dengan tenang di bawah tekanan," kata Subramaniyam.

Father Teaching His Daughter to Play Chess At HomeAnak main catur/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ilkercelik

2. Terima konsekuensi

Catur adalah permainan yang memiliki reaksi dan konsekuensi dari setiap langkah yang dilakukan. Anak biasanya mempelajari secara tidak sadar lewat permainan itu. Tapi, ini bukan berarti tindakan yang diambil hanya memiliki konsekuensi buruk.

"Catur adalah permainan yang melibatkan konsekuensi baik dan buruk, berdasarkan seberapa baik strategi itu dipikirkan. Oleh karena itu, ini adalah kesempatan yang sah untuk menjelaskan hal-hal besar dalam hidup seperti kuliah, melakukan hobi, dan bertanggung jawab," jelas Subramaniyam.

Ia mencontohkan, keputusan yang tergesa-gesa saat main catur bisa merugikan. Pemain perlu berpikir kritis dan menganalisis semua tindakan dan reaksi sebelum bergerak.

"Konsep ini bisa digunakan untuk menjelaskan pilihan dalam hidup. Saat membuat keputusan penting, jangan terburu-buru. Luangkan waktu untuk menganalisis hasil dari setiap tindakan, dan kemudian tentukan pilihan Anda," kata Subramaniyam.

3. Menang dan kalah

Konsep menang dan kalah memang dapat diajarkan dari olahraga apa pun. Tetapi rasa tenang saat bermain catur dapat membantu memperkuat konsep tersebut karena reaksi anak tidak akan terlalu frustrasi.

Ini juga membantu merefleksikan apa yang bisa dilakukan lebih baik, dengan menganalisis gerakan dan menciptakan taktik baru. Ini juga sesuatu yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata.

4. Tanggung jawab

Ini berhubungan dengan konsekuensi, Bunda. Saat anak bisa memecahkan masalah dan merencanakan ke depan, dengan waktu dan latihan, anak menjadi lebih baik.

"Membantu anak Anda menyadari konsekuensi dari tindakan mereka membuat mereka lebih menganalisis situasi dalam membuat keputusan yang lebih bertanggung jawab. Lebih penting lagi, ini membantu mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka juga," tutur Subramaniyam.

5. Perkembangan otak

Catur merupakan permainan yang menggunakan banyak taktik, pemikiran strategis, fokus, analitik, kesabaran, pemecahan masalah, dan perencanaan. Sebuah penelitian di Jerman mengklaim, pemain catur bisa menggunakan kedua belah otak mereka, sehingga meningkatkan kekuatan otak.

Permainan ini juga berperan penting dalamĀ perkembangan otak melalui pertumbuhan dendrit, yakni cabang seperti cabang sel saraf yang melakukan sinyal otak. Peningkatan dendrit bisa membantu seseorang untuk berpikir dan memproses informasi lebih cepat.

"Bagian terbaik dari permainan catur adalah bahwa anak Anda akan terus belajar sepanjang waktu, tidak peduli seberapa bagus atau buruk permainan mereka," tegas Subramaniyam.

Kalau anak ingin belajar catur, cobalah. Tetapi kalau anak tidak tertarik, Bunda enggak perlu memaksa. Yang pasti lewat permainan catur, anak-anak bisa belajar membuat keputusan sendiri.

Berbicara tentang catur, sebenarnya ini bakat atau sekadar hobi ya? Menurut psikolog Ajeng Raviando, orang tua bisa melakukan observasi rutin setiap hari. Menurutnya, ada perbedaan yang jelas terlihat saat anak menyukai sesuatu karena memang bakat, atau hanya kesenangan sesaat.

"Kalau memang bakat, bahkan ketika melakukan hal tersebut santai, ada daya serap yang bagus. Jadi misalnya berbakat bahasa, cuma sebentar dikasih stimulasi akan sangat mudah menyerap. Sebentar saja bisa ya tanpa diajarkan rutin," kata Ajeng, dikutip dari detikcom.

Nah, kalau anak-anak di rumah hobinya main apa, Bunda?

Simak juga yuk manfaat anak main bersama orang tua, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT