sign up SIGN UP search


parenting

Setop Gadget! Ini Manfaat Membacakan Buku untuk Anak Batita

Kinan Selasa, 30 Jun 2020 09:43 WIB
young mother reading a story to her toddler in his bedroom caption
Jakarta -

Jika memang Bunda memiliki waktu khusus untuk bersama anak, yuk coba manfaatkan untuk rutin membacakan buku. Biarkan anak bereksplorasi mengenal dunia melalui buku favoritnya.

Dikutip dari Kids Health, anak-anak yang terbiasa dibacakan buku memiliki lebih banyak kosakata dalam proses belajarnya kelak saat prasekolah atau sekolah. Ya, ini karena membaca adalah salah satu cara terbaik untuk mempelajari bahasa.

Anak usia toddler atau batita tidak bisa dipaksakan langsung bisa mengeja sendiri, oleh sebab itu Bunda bisa mulai mengenalkan buku dan membacakannya untuk si Kecil.


Selain mengenal kosakata, membaca buku juga membuat anak lebih memahami intonasi, tanda baca dan mempelajari huruf alfabet secara bertahap.

Untuk bisa membiasakan dan menumbuhkan minat baca pada anak, lakukan sesi membaca bersama setidaknya sekali dalam sehari. Pilih waktu yang teratur, misalnya sebelum tidur siang atau setelah mandi sore.

Bacakan buku dalam posisi yang nyaman, pangku si Kecil jika memang ia suka. Rasa nyaman ini dapat membantu membuat anak tetap merasa aman dan santai selama sesi membaca.

Pastikan juga Bunda menjauhkan gadget terlebih dahulu, ya. Meski terkesan biasa saja, hal ini menunjukkan bahwa Bunda memberikan perhatian penuh saat sesi membaca.

Untuk lebih melibatkan anak, sesekali biarkan ia memilih buku favoritnya. Minta ia membalik halaman dan tanyakan apa saja hal yang disukainya selama membaca.

Beri apresiasi pada apa yang disukai anak dan dengarkan dengan penuh perhatian jika ia memberikan respons, misalnya ikut coba membaca atau ingin menceritakan ulang apa yang sudah Bunda bacakan untuknya.

Pada anak usia balita, ia sudah mulai paham cara membalik halaman kertas. Bunda pun bisa memilih buku jenis board book dengan aneka gambar dan warna.

Happy mother and little daughter reading book, sitting on comfortable couch in living room, smiling mum teaching little girl child, family spending weekend at home together, children educationIlustrasi membacakan buku untuk anak. (Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)

Dilansir Raising Children Network, konsultan Kandia N. Lewis, PhD, menjelaskan Bunda juga bisa membacakan buku dalam bahasa lain yang dirasakan paling nyaman untuk disampaikan.

"Menggunakan bahasa yang membuat orang tua nyaman membantu kemudahan teknik komunikasi. Aktivitas seperti membaca, bernyanyi, dan mendongeng pun akan jadi lebih menyenangkan bagi orang tua dan anak," ujar Lewis.

Nah, sudahkah membaca buku untuk si Kecil hari ini, Bunda?

Simak juga cara tumbuhkan minat baca buku pada anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi