sign up SIGN UP search


parenting

Stimulasi Perkembangan Bayi 4 Bulan dengan 7 Mainan Ini Yuk Bunda

Annisa Afani Kamis, 23 Jul 2020 13:39 WIB
ilustrasi bayi caption
Jakarta -

Saat bayi berusia 4 bulan, dia akan mulai mengenali Bunda atau pengasuhnya. Selain itu, si kecil juga akan lebih fokus dan memperhatikan sesuatu serta aktif mencari perhatian.

Di saat ini, Bunda harus proses pembelajarannya dengan melibatkan, merespons dan mengeksplorasi. Berikan kesempatan kepada si kecil untuk berlatih dan mengembangkan apa yang dipelajari menggunakan mainan sesuai dengan usia dan lingkungan yang aman.

Dikutip dari Kids Health, anak-anak biasanya tertarik dengan berbagai warna, pola, dan bentuk benda atau mainan. Dengan menjangkau benda atau mainan tersebut, dia belajar mengenai sentuhan, bentuk, dan tekstur.


Belajar terjadi ketika bayi dibiarkan untuk memegang, memeriksa, dan mengeksplorasi objek. Mungkin dia akan memasukkan benda tersebut ke mulutnya, sehingga penting bagi Bunda untuk mengawasinya.

Nah, Bunda bisa mengajak si kecil untuk bermain sambil belajar demi meningkatkan berbagai aspek perkembangan. Dikutip dari Parenting Firstcry, berikut jenis mainan untuk meningkatkan perkembangan bayi usia 4 bulan:

1. Mainan rattle atau berbunyi

Mainan ini sangat penting untuk anak-anak karena dapat membantu berbagai aspek perkembangan anak secara signifikan.

Mainan ini dapat meningkatkan keterampilan motorik bayi. Keterampilan koordinasinya juga turut meningkat jika Bunda mengajaknya bermain dengan permainan yang baik.

Cobalah untuk meletakkan mainan yang dapat berbunyi di depannya, lalu buat dia meraihnya. Ketika si kecil memegangnya, goyangkan perlahan mainan tersebut sehingga dia mengerti bahwa cara itu menyebabkan bunyi dari mainannya.

Keterampilan koordinasi yang erat dari bayi dapat ditingkatkan dengan mainan yang cukup besar untuk dipegang oleh kedua tangan. Buat dia memegang mainan dengan satu tangan, kemudian lepaskan pada tangan lainnya. Ini akan membantunya memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lainnya.

2. Mainan gigitan bayi

Gigi tumbuh adalah bagian penting lain dari perkembangan bayi, Bunda. Namun proses pertumbuhan gigi di mulut bayi sering kali terasa menyakitkan, sehingga membuatnya lebih sering menangis.

Cute baby with teetherMainan gigitan bayi/ Foto: iStock

Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda bisa memberikannya mainan yang dapat digigit. Dengan begitu, rasa sakit yang dirasakannya bisa sangat berkurang dan membuatnya menjadi senang dengan bermain.

Mainan ini juga baik untuk mendukung masa transisi dari menyusui menjadi mengunyah. Jadi sangat disarankan untuk bayi, sehingga mereka terbiasa untuk mengunyah. Selain meningkatkan koordinasi, mainan ini juga meningkatkan keterampilan inderanya. Bayi akan lebih lama memegangnya jika warna mainannya menarik.

3. Mainan musik

Musik menjadi andalan dalam kehidupan setiap anak karena dapat membantunya memahami bagaimana menafsirkan suara dan dasar-dasar ritme dengan benar. Bunda bisa memutarkan musik untuk si kecil. Ini juga dapat meningkatkan pendengarannya, Bunda.

Bunda juga akan mulai mendengar vokalnya dengan mengajak si kecil bernyanyi atau bersenandung mengikuti musik yang diputar.

Selain itu, cara ini juga dapat membantu bayi memahami konsep sebab dan tindakan. Ketika dia menyadari bahwa lagu-lagu tersebut berasal dari mainan dengan menekan tombol, maka ia akan mengetahui bahwa dengan menyentuh beberapa tombol akan menghasilkan nada berbeda.

4. Mainan portable

Mainan portable atau yang dapat dibawa ke mana-mana ini penting, Bunda. Jika Bunda sering membawa si kecil bepergian, mainan ini dapat membantunya tetap tenang dan mengatasi rasa bosannya.

Mainan portable juga sangat bermanfaat dalam pengembangan berbagai aspek fungsi tubuh bayi, Bunda. Ini disebabkan oleh sebagian besar mainan tersebut memiliki warna yang cerah dengan pola kontras yang bagus untuk merangsang indera visual bayi.

Mainan ini pun dapat meningkatkan aspek peralihan fokus pada bayi. Selain itu, hal menarik dari mainan portable ialah dapat menimbulkan beragam suara.

5. Mainan edukasi

Meski kelihatannya terlalu dini untuk bayi, namun beberapa mainan edukasi bisa membantu meningkatkan fungsi otaknya.

Dengan menunjukkan mainan berbagai huruf dan angka, Bunda dapat memberi bayi ide tentang perbedaannya dan membantunya lebih mudah mengenali angka saat ia tumbuh lebih besar.

6. Mainan aktivitas

Mainan ini akan membantu bayi tetap sibuk. Selain itu, membantunya membakar energi dengan aktivitas yang membantunya berkembang.

Mainan ini akan merangsang imajinasi dan kreativitas bayi, keterampilan motoriknya seperti meraih dan mencubit juga akan meningkat pesat. Mainan binatang akan membantunya membedakan berbagai makhluk hidup dan pengetahuannya juga akan meningkat.

7. Mainan boks dan stroller

Bayi mungkin akan berada di stroller setidaknya satu hari, sehingga penting baginya untuk bermain dengan mainan-mainan ini. Mainan ini biasanya aman kreatif, dan mendukung perkembangan sensorik bayi.

Mainan ini juga membantu mengembangkan visual awal dan menampilkan gambar kontras yang membantu bayi membedakan bentuk. Beberapa mainan juga memiliki musik, yang membuatnya sibuk dan mengembangkan indera pendengarannya.

Bunda, pahami perkembangan motorik anak usia di bawah 6 bulan dalam video berikut yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi