sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ini 7 Aktivitas untuk Menstimulasi Perkembangan Bayi 3 Bulan

Annisa Afani Selasa, 21 Jul 2020 19:40 WIB
Mother and 7 months old baby doing exercises on the bed and learning to crawl caption
Jakarta -

Saat memasuki usia 3 bulan, bayi akan terlihat mulai mencapai beberapa tonggak perkembangan baru. Dia akan lebih aktif dan mengerti pola bermain, makan dan tidurnya, Bunda.

Di usia tersebut, dikutip dari Mom Junction, bayi Bunda sudah bermain-main dengan tangannya, memasukkannya ke mulut hingga mulai menyentuh dan memegang benda. Dia juga sudah bisa mengangkat kepalanya 45 derajat dengan mantap saat tengkurap.

Selain itu, dilansir dari Sensory Lifestyle, bayi 3 bulan juga dapat meregangkan kaki dan menendang saat berbaring tengkurap, dapat mendorong ke bawah dengan kaki ketika kaki diletakkan pada permukaan yang kokoh, pendengaran dan penglihatan bayi terus membaik dan akan menoleh atau tersenyum saat Bunda memanggilnya.


Mereka mungkin akan mencoba berguling. Selain itu, bayi juga akan mulai megeluarkan vokal seperti 'oh' atau 'ah'. Saat hal tersebut terjadi, Bunda dapat meminta bayi mengulanginya dan ajarkan kata-kata baru.

Untuk mendukung perkembangan lainnya, berikut beberapa aktivitas yang dapat Bunda lakukan bersama bayi 3 bulan:

1. Tummy time

Ini menjadi aktivitas sensorik penting dalam rutinitas harian bayi. Aktivitas ini dapat membantunya membangun koordinasi dan memperkuat leher, bahu, dan lengan bayi.

Otot-otot ini juga membantunya dengan keterampilan motorik lain seperti berguling, merangkak, berdiri dan duduk. Jadi, Bunda bisa terus melatih aktivitas ini dengan si kecil ya.

2. Bercermin

Ini bisa menarik dan sangat menyenangkan untuk dilakukan lho, Bunda. Hanya dengan menampilkan diri bayi di depan cermin, kita bisa melihat tingkah dan aksinya yang beragam dan lucu.

Sebenarnya bayi tidak akan menyadari bahwa pantulan yang dilihatnya tersebut adalah dirinya sampai ia benar-benar mengerti. Namun hal tersebut tidak masalah karena kita melatihkan membuat banyak ekspresi saat menatap cermin.

3. Bermain keluar rumah

Pergi keluar dan ke taman untuk jalan-jalan sangat bagus dan bermanfaat bagi Bunda dan si kecil lho. Bunda bisa meletakkannya pada posisi duduk, ataupun tengkurap di permukaan datar.

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi tengkurap dengan mengangkat kepala dan dada/ Foto: iStock

Biarkan si kecil merasakan rumput dengan tangan atau bagian kulit lainnya. Sementara itu, kenalkan juga beberapa hal sekitar yang terlihat seperti bunga, langit, atau pohon sambil ditunjuk.

4. Ajak berkomunikasi

Ini adalah salah satu kegiatan menarik yang harus dilakukan dengan bayi berusia 3 bulan. Karena di usia ini, bayi mulai berhubungan dengan dunia di sekitarnya, Bunda.

Salah satu bentuk komunikasi yang dapat bayi lakukan ialah dengan tersenyum pada hal yang disenanginya. Bunda juga dapat membuatnya terlibat dalam percakapan seperti bercerita mengenai sesuatu yang ringan.

5. Bermain dengan tangannya

Di usia tiga bulan, bayi mulai sering menggunakan tangannya dalam beberapa aktivitas. Beberapa kegiatan yang dapat Bunda lakukan pada bayi untuk bermain dengan tangannya adalah dengan menyentuh benda-benda baru.

Tidak perlu khawatir, Bunda. Membiarkannya si kecil banyak menyentuh hal-hal asing. Karena ini merupakan caranya untuk mempelajari sesuatu.

6. Cilukba

Permainan ini akan mengajarkan bayi tentang objek permanen. Memahami konsep permainan ini adalah tonggak kognitif yang penting bagi bayi untuk meninjau tahapan tertentu dari objek yang dilihat.

7. Menari

Tidak hanya menjadi kegiatan yang menyenangkan, mengajak bayi untuk menari juga memiliki banyak manfaat besar, lho. Saat Bunda memegangnya di lengan, gerakkan tubuhnya dari ke atas, ke bawah, dari sisi ke sisi, dan berputar.

Semua gerakan ini dapat merangsang perkembangan sistem vestibular, Bunda. Sistem ini bertanggung jawab atas kesadaran tubuh kita saat berada diluar kendali.

Bunda, simak juga cara merawat gigi bayi seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi