sign up SIGN UP search


parenting

Daddy Goals! Nadiem Makarim Kelonin Anak Setiap Hari Meski Sibuk Kerja

Yuni Ayu Amida Minggu, 26 Jul 2020 18:27 WIB
a caption
Jakarta -

Di balik figurnya sebagai seorang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim adalah seorang ayah, Bunda. Itu sebabnya, di tengah aktivitas yang sangat padat, suami Franka Franklin ini selalu menyempatkan waktunya untuk main bersama sang putri, Solara Franklin Makarim.

Rupanya, salah satu aktivitas yang tak pernah ditinggalkan Nadiem adalah mengeloni Solara. Nadiem akui, setiap hari setelah pulang kantor ia akan menemani putrinya bermain sampai tertidur.

"Yang nenangin itu main sama anak, karena saya coba disiplin itu tiap hari main dulu sama anak. Mereka kan tidur sekitar jam 8, jadi balik (kantor) tuh sekitar 06.30 atau jam 7 (malam), nidurin anak, habis itu kerja lagi setelah itu," kata Nadiem Makarim, dilansir YouTube Deddy Corbuzier, Minggu (26/7/2020).


Ya, meskipun sudah pulang kantor, bukan artinya semua pekerjaan Nadiem selesai. Setelah menidurkan sang putri, biasanya ia lanjut bekerja lagi dan tak jarang harus meeting di luar rumah.

Bagi Nadiem, meskipun jadwal istirahatnya sangat singkat, ia tidak mau melewatkan sehari pun untuk tidak mengurus sang putri.

"Harus, karena itu kayak tugas utama saya, keluarga dulu. Tanpa itu, kayaknya mau ngebantuin anak-anak seluruh negara tapi masa anak sendiri enggak diurus," ujarnya.

Nadiem menjelaskan bahwa ritual yang dilakukannya bertujuan untuk menciptakan perasaan aman untuk Solara. Ia percaya konsistensi tersebut akan menghindarkan anaknya dari perasaan cemas dan gelisah karena selalu dikelilingi cinta dari orang tuanya.

"Dia merasa aman bahwa di dalam rumah tangga ada konsistensi, ada satu hal yang enggak bikin dia anxious, jadi anak itu belajar lebih banyak, dia lebih percaya diri, dan merasa disayang," ucapnya.

Dalam mengasuh anak, memang tidak hanya peran ibu yang diutamakan, karena ayah juga harus ikut andil.

aKeluarga Nadiem Makarim/ Foto: instagram

Dijelaskan terapis perkawinan dan keluarga, Gary Brown, PhD, untuk anak perempuan, peran ayah yang terlibat dalam pengasuhannya punya manfaat tersendiri. Di antaranya membentuk ikatan yang kuat dengan anak serta membantu anak mengenali sumber pengasuhan, keamanan, perlindungan, penghormatan, dan dukungan yang konsisten.

"Hal-hal tersebut ketika didapat anak perempuan bermanfaat ketika dia menjelajahi dunia dan berinteraksi dengan orang lain." kata Brown, dikutip dari Redbook.

Tak hanya itu, berdasarkan penelitian Brown, anak perempuan yang memiliki hubungan erat dengan ayahnya cenderung lebih mampu mengendalikan stres, tidak rentan depresi, dan risiko mengalami kecemasan jadi lebih minim. Dia juga lebih mampu mengutarakan perasaannya.

Simak juga cara mendidik anak dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi