sign up SIGN UP search

parenting

Nadiem Makarim Gelar Tedak Siten Anak Ketiga, Hanya Dihadiri Keluarga Inti

Asri Ediyati Rabu, 03 Feb 2021 18:47 WIB
Nadiem Makarim gelar upacara tedak siten untuk buah hatinya caption
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim baru-baru ini telah menggelar acara tedak siten anak ketiganya. Mengingat pandemi masih berlangsung, Nadiem dan istrinya, Franka Franklin Makarim mengadakan acara tersebut secara tertutup.

Kabar bahagia ini disampaikan Nadiem Makarim melalui akun Instagram resminya pada Minggu (31/1/2021). Ia mengunggah beberapa foto yang menangkap momen prosesi si kecil di acara tedak siten.

Foto pertama menangkap momen ketika si kecil menaiki tangga (ondho) yang dalam tradisi Jawa bermakna kemantapan hati, tanggungjawab, dan tersirat harapan agar anak memiliki jalan hidup yang bahagia. Sementara, foto kedua ketika Nadiem disuapi salah satu sajian tedak siten oleh istri.


Hanya dihadiri keluarga inti dan orang tua, Nadiem Makarim mengaku persiapan semuanya dikerjakan sendiri. Meski dihadiri oleh sedikit orang, Nadiem merasa momennya begitu intim.

"Tedhak Siten kali ini sedikit berbeda karena dihadiri keluarga inti dan eyang saja, dan persiapan semua dikerjakan sendiri. Tapi jadi lebih intim malah rasanya," tulis Nadiem Makarim di Instagram-nya.

"Semoga anak kami senantiasa diberikan kekuatan dan bekal kebahagiaan di dalam hidupnya," tulis Nadiem Makarim.

Sekilas tentang upacara tedak siten, upacara ini merupakan salah satu tradisi yang bersifat ritual dalam masyarakat Jawa yang terkait dengan lingkaran kehidupan manusia. Mengutip laman Peta Budaya Kemendikbud, tradisi ini dilaksanakan pada saat seseorang anak (bayi) pertama kali menginjakkan kakinya ke tanah.

Sebagai sebuah tradisi, upacara ini bersifat anonim, artinya tidak dapat diketahui dengan pasti siapa yang pertama kali melaksanakan atau penciptanya. Namun yang jelas, bahwa tradisi ini telah berlangsung secara turun temurun dalam kehidupan masyarakat pendukungnya.

Baca kelanjutannya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Tedak siten, tradisi Jawa yang sarat makna
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi