sign up SIGN UP search


parenting

Manfaat Kegiatan Art Sensory Play untuk Stimulasi Indra Anak

Annisa Karnesyia Senin, 27 Jul 2020 19:46 WIB
Aktivitas Anak caption
Jakarta -

Menstimulasi si kecil di rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara lho. Salah satunya dengan art sensory play, Bunda.

Bunda Kitty Manu dari Kittykitz mengatakan bahwa kegiatan art sensory play ini bisa memancing semua indra anak untuk mengembangkan kemampuannya nanti. Misalnya, kemampuan fokus dan menulis.

"Sebenarnya manfaat utamanya paling jelas stimulasi indra. Memancing semua indra untuk kepentingan kegiatannya nanti," kata Kitty dalam di acara HaiBunda Hari Anak Nasional 1 Hari 3 Cerita bersama Mola TV, Senin (27/7/2020).


"(Misalnya) untuk fokus, melatih gerakan tangan, merasakan tekstur, untuk kekuatan jari-jari tangan, jadi kalau menulis jadi lebih lancar. Jadi beneran untuk stimulasi indra saja," sambungnya.

Kitty mengatakan, orang tua bisa mengenalkan kegiatan ini sedini mungkin. Namun, di setiap tahapan usia anak, kegiatan atau permainan yang dikenalkan berbeda-beda ya, Bunda.

"Kalau anak bayi main bunyi, kalau sudah besar lagi kenalkan alat-alat warna atau mewarnai, untuk indra perasa, bisa pegang beras atau kapas," ujar Kitty.

Enggak perlu membeli bahan atau barang yang mahal untuk membuat art sensory ya. Bunda cukup memanfaatkan benda di sekitar atau kegiatan sehari-hari.

Aktivitas AnakIlustrasu aktivitas Anak/ Foto: iStock

Kitty mengajarkan putrinya yang bernama Wati untuk melakukan art sensory dengan kegiatan sehari-hari. Putri Kitty yang masih kecil itu dikenalkan denganĀ aktivitas mencuci piring.

"Wati lagi diajarin cuci piring, teksturnya seperti apa, misalnya licin, terus mengenalkan air, dari spons-nya juga keluar air, dari kegiatan hari-hari di sekitar kita sudah belajar ," ujar Kitty.

Nah, saat melakukan art sensory bersama anak, Kitty menyarankan orang tua untuk tak membatasi anaknya bereksplorasi. Kita sebaiknya bebaskan anak untuk berkreasi dengan bebas ya.

Bunda juga janganĀ memaksa anak tanpa melihat kebutuhan atau kesukaan si kecil. Sebab, setiap anak itu berbeda ya.

"Sebenarnya dari ibu dan bapaknya harus menyesuaikan kebutuhan atau anaknya lagi suka apa. Jadi jangan dipaksa atau jangan takut untuk mengenalkannya. Apa yang lagi suka bisa dieksplor saja," kata Kitty.

Salah satu aktivitas yang dikenalkan Kitty dalam acara HaiBunda Hari Anak Nasional 1 Hari 3 Cerita bersama Mola TV adalah mewarnai masker polos dengan spidol permanen dan alkohol. Melalui kegiatan ini, diharapkan anak bisa fokus dan kreatif.

Simak juga manfaat anak bermain orang bermain puzzle, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi