sign up SIGN UP search


parenting

Eksperimen Sains Menyenangkan ala Donna Agnesia & Anak, Praktis & Seru

Asri Ediyati Senin, 27 Jul 2020 13:45 WIB
Donna Agnesia dan Darius Sinathrya, serta ketiga anak caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat kita harus menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas di luar. Meskipun rindu berkegiatan di luar, pandemi ini memberikan hikmah bagi orang tua untuk lebih dekat dan memiliki waktu berkualitas bersama anak.

Seperti Donna Agnesia dan Darius Sinathrya yang sudah hampir lima bulan di rumah saja bersama ketiga anaknya, Lio, Diego, dan Sabrina. Ibu tiga anak ini justru bersyukur bisa memiliki waktu berkualitas yang banyak di rumah bersama buah hatinya.

"Masa karantina menjadi berkah bagi saya, 14 tahun saya menikah dengan Darius, disibukkan dengan bekerja. Tapi, selama 5 bulan ini berasa jadi full time mommy, ngurus anak dan kerja serba online," kata Donna Agnesia di acara HaiBunda Hari Anak Nasional 1 Hari 3 Cerita bersama Mola TV, Senin (27/7/2020).


Donna Agnesia mengaku, saat ini hikmahnya anak-anak jadi bisa merasakan keberadaan ibunya di rumah. "Dahulu bekerja perhatikan quality time, sekarang quantity time dan quality time seimbang," sambungnya.

Di sisi lain, sebagai orang tua, Donna Agnesia dan Darius Sinathrya harus putar otak untuk bikin kegiatan yang enggak cuma seru tapi juga bermanfaat bagi anak. Terlebih ketiga anaknya sangat aktif berkegiatan di luar rumah sebelum pandemi.

"Tiga anak cukup menguras energi. Aku selalu minta bantuin Darius dan apa yang dilakukan dengan Darius sama anak, membagi kasih sayang selalu sama. Kita berkomunikasi yang baik dengan anak, supaya kita bisa mengerti maunya apa," kata Donna Agnesia.

Selama hampir 5 bulan, Donna Agnesia juga mengungkap bahwa dirinya cukup terkejut karena ketiga anaknya yang aktif, tiba-tiba bisa happy dan nyaman meski harus di rumah aja. Ia pun menceritakan upayanya bersama Darius untuk menciptakan kegiatan berbasis sains yang mengasah keterampilan dan kreativitas anak.

Donna dan Darius sampai memfasilitasi anak keduanya, Diego sebuah kolam pancing buatan yang diubah dari kolam ikan di rumah. "Kita merelakan kolam ikan di rumah. Kolam ikan jadi tempat pancingan," kata Donna Agnesia.

Anak Donna Agnesia dan Darius SinathryaAnak Donna Agnesia dan Darius Sinathrya/ Foto: Instagram @dagnesia

Selain itu, Donna Agnesia dan anak-anak juga melakukan beberapa eksperimen sains lainnya lewat tayangan di Mola TV Kids. Melalui program Backyard Science, Diego bisa membuat layangan dengan alat dan bahan yang tersedia di rumah.

"Kalau Sabrina suka masak, di dapur tuh suka. Kemarin bikin Unicorn noodle, dari soun, kol ungu, lemon, baking soda. Saya baru tahu kalau air kol ungu ditambah air lemon jadi warna pink, sementara air kol ungu ditambah baking soda jadi warna hijau," kata Donna Agnesia.

Untuk kegiatan fisik, Donna Agnesia dan Sabrina mencoba berbagai challenge salah satunya melatih keseimbangan dengan memakai lipstik, Bunda. Wah, terdengar menarik ya?

Nah, apa yang dilakukan Donna Agnesia bersama anak-anak ini bisa kita jadikan inspirasi ya, Bunda. Bahwa di rumah saja, tak menghalangi orang tua dan anak untuk melakukan aktivitas sembari mengembangkan kreativitas.

Donna Agnesia dan Darius Sinathrya, serta ketiga anakDonna Agnesia dan Darius Sinathrya, serta ketiga anak/ Foto: Instagram @dagnesia

Sesuai, dengan tema Hari Anak Nasional 2020 ini, 'Anak Bahagia di Rumah', Donna Agnesia pun memberi pesan pada orang tua di Indonesia.

"Saya ingin sekali anak bisa eksplore dan jadi versi terbaik mereka. Jangan sampai AIDA (ambisi ibu derita anak), bukan anak-anak yang mengerti orang tua, tapi orang tua yang mengerti anak," kata Donna Agnesia.

"Makanya saya bekerja keras supaya mendapat pendidikan yang baik, supaya mereka bisa mengeksplore keinginannya sendiri. Tugas orang tua sebagai fasilitator juga motivator," sambungnya.

Apapun yang dilakukan anak, selama itu positif maka perlu didukung. Donna juga berpesan untuk orang tua agar menyediakan tontonan yang mengasah kreativitas dan menambah pengetahuan di rumah.

"Intinya anak-anak bisa melakukan berbagai aktivitas, olahraga, seni, belajar tentang kehidupan dari sains. Bisa mengeksplore segala talenta yang mereka miliki," katanya.

"Anak-anak ini anak yang tangguh, harus menghadapi kondisi pandemi seperti ini. Anak-anak ini memiliki mental yang luar biasa. Jadi, dalam kondisi sesulit apapun (harapannya) anak bisa mencapai cita-cita mereka di masa depan. Bisa menjalani pandemi dengan bahagia," ujarnya.

Simak juga video soal kekhawatiran Donna Agnesia pada anak-anaknya yang pra-remaja:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi