parenting

Jangan Lupa Beri Anak Vitamin A di Bulan Agustus, Gratis Bunda

Asri Ediyati   |   HaiBunda

Senin, 03 Aug 2020 17:12 WIB

Jakarta -

Di tengah pandemi, tentu Bunda ingin anak tetap dalam keadaan sehat dan tumbuh dengan baik. Pemberian suplementasi vitamin adalah salah satu upaya untuk tetap menjaga anak sehat.

Nah, jangan lupa Bunda, bulan Februari dan Agustus adalah bulan vitamin A. Di kedua bulan ini anak bisa mendapatkan berupa suplementasi vitamin A. Kenapa sih vitamin A begitu penting sampai ada bulan khusus untuk pemberiannya?

Dilansir laman resmi Kementerian Kesehatan RI, vitamin A/retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Ya, vitamin A terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.


"AdapunĀ vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas," tulis Kemenkes RI, dikutip Senin (3/8/2020).

Bagaimana jika anak kekurangan vitamin A? Apabila anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare.

Makanya, pandemi Corona bukan halangan untuk Bunda bisa memberikan suplementasi vitamin A untuk anak. Sebaliknya, Bunda malah menambah proteksi pada kesehatan anak.

Untuk dosisnya Bunda juga jangan sampai salah. Kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6 - 11 bulan. Sementara, kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12 - 59 bulan.

Bagi Bunda yang baru saja melahirkan, vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas, lho.

Lalu, bagaimana cara mendapatkannya? Tenang saja, Bunda, kapsul vitamin A ini bisa didapatkan di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, pustu, poskesdes/polindes, balai pengobatan, praktik dokter, bidan praktik swasta atau posyandu secara gratis.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini ya Bunda, demi kesehatan anak di kemudian hari.

Simak juga video tentang menumbuhkan minat baca anak saat di rumah saja:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT