sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Kenali 15 Ciri-ciri Anak Indigo dan Cara Membantunya

Annisa Afani Kamis, 13 Aug 2020 22:00 WIB
Three years old child crying in bed. Sad boy on pillow in bedroom caption
Jakarta -

Bunda, pasti pernah dengar istilah anak indigo, bukan? Istilah ini ditujukan untuk mendeskripsikan anak-anak yang diyakini memiliki indera dan pemahaman bawaan tentang spiritual sejak lahir.

Ciri-ciri orang indigo sudah ditunjukkan sejak anak-anak, Bunda. Namun, kebanyakan baru menyadarinya setelah remaja atau dewasa dan mereka dianggap 'berbeda'.

Dikutip dari Depression Alliance, indigo mengacu pada warna aura seseorang, yakni nila. Warna ini sama dengan keenam dari tujuh cakra, yang mewakili kesadaran kebijaksanaan, dan koneksi ke alam spiritual.

Sementara istilah anak indigo sendiri pertama kali diperkenalkan pada pertengahan tahun 1970-an oleh seorang ahli metafisika asal San Diego, bernama Nancy Ann Tappe, Bunda. Dia memperhatikan bahwa anak-anak dengan aura indigo memiliki warna dan getaran yang belum pernah dilihat sebelumnya.


Walau belum ada penelitian ilmiah soal anak indigo dan ciri-ciri atau karakternya, namun dijelaskan dalam buku "The Indigo Children: The New Kids Have Arrived karya Lee Carroll dan Jan Tober. Mengutip The New York Times, anak indigo memiliki beberapa ciri-ciri umum. Salah satunya memiliki intuisi yang kuat.

Ciri-ciri anak indigo

Selain intuisi yang kuat, ada beberapa ciri lain yang dimiliki anak indigo. Dilansir dari Parenting FirstCry dan Lonerwolf, berikut beberapa ciri-ciri anak indigo:

1. Kreatif 

Anak indigo memiliki kreatifitas dengan cara yang luar biasa. Dari keterampilan artistik hingga kemampuan melukis, menggambar, dan mengekspresikan diri melalui berbagai media di usia muda.

2. Intuisinya berkembang dengan baik

Dari kemampuan intuisi ini, anak indigo dapat merasakan ada sesuatu yang salah hingga bisa membuat keputusan di waktu yang tepat dan rasional dengan baik. Salah satu contoh bagus dari intuisi yang kuat adalah mampu menceritakan latar belakang seseorang tanpa berbicara dengannya pada pertemuan pertama.

3. Kemampuan memimpin

Anak indigo memiliki keterampilan kepemimpinan yang terbentuk secara alami dan cenderung terlihat pada usia yang sangat dini.

4. Tertarik pada konsep psikis

Anak indigo akan senang belajar tentang topik yang berkaitan dengan spiritualitas, telekinesis, dan kemampuan telepati atau psikis. Mereka akan terus mengasah keterampilannya di bidang ini dan percaya dapat menjalin hubungan yang dalam dengan alam semesta.

Bagi beberapa anak indigo, mereka juga percaya pada hukum ketertarikan dan melihatnya terwujud dalam setiap aspek kehidupannya.

5. Memiliki ingatan kuat

Anak indigo bukan hanya kreatif, namun juga memiliki memori yang sangat tajam dan kuat sehingga mampu berpikir dan mengingat peristiwa dari tahun lalu. Kemampuan anak Indigo lainnya termasuk memiliki memori eidetik atau fotografis.

6. Merasa istimewa

Salah satu ciri lainnya dari anak indigo adalah mereka merasa istimewa. Dengan begitu, anak indigo merasa ditakdirkan untuk menjadi hebat dan merasakan hal tersebut dari dalam dirinya.

7. Pemberontak

Anak indigo memiliki keunikan dan kerumitannya sendiri. Mereka tidak cocok dengan orang lain dan mungkin introvert. Kuncinya, mereka tidak akan melihat sesuatu dari sudut pandang yang sama dengan kebanyakan orang.

Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan perdebatan sengit yang membuktikan dirinya benar dan orang lain salah. Fase kehilangan teman dan kawan mungkin dapat terjadi karena ini.

8. Perspektif dan cerdas

Mereka dapat melihat dan memahami segala sesuatu tentang kehidupan dan kemanusiaan yang tidak dirasakan kebanyakan orang. Persepsi tajam yang dimiliki memungkinkan anak indigo menemukan kebenaran tentang kondisi manusia dan bagaimana membantunya.

9. Suka tantangan

Orang-orang yang memiliki otoritas akan menjadi sasaran bagi anak indigo, Bunda. Jika anak indigo tidak percaya pada seseorang yang memiliki otoritas, hal ini akan berujung penentangan. Dan akhirnya, anak indigo dapat membuktikan bahwa mereka salah atau membuat perubahan besar.

10. Membimbing orang lain

Begitu ia menemukan 'misi' dan berusaha mewujudkannya, anak indigo akan melakukan segala cara untuk membimbing orang lain yang berkaitan dengan hal tersebut.

11. Sangat bersemangat

Dapat berkendara tanpa henti adalah ciri khas anak Indigo. Mereka memiliki energi tak terbatas dan kemauan yang sangat besar. Terkadang orang-orang di sekitar mereka terperangah karena energi menular dan getaran positif mereka, mereka tidak tahu arti lelah, Bunda.

12. Merasa berbeda

Bagi anak Indigo yang belum paham terkait keistimewaan yang dimilikinya, mereka akan menyadari ketidakcocokan. Hal ini menyebabkannya merasa terasing dan terisolasi karena orang tahu bahwa mereka berbeda.

13. Idealis

Anak indigo memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap dirinya dan orang lain. Meskipun idealisme bisa menjadi sifat positif, tapi juga bisa menjadi negatif jika terlalu kritis dan menuntut.

14. Antisosial

Sebagai orang yang berjiwa bebas, anak indigo tidak suka ditekan oleh siapapun atau apapun. Mereka akan merasa sulit berada di dekat terlalu banyak orang dan lebih suka menghabiskan waktu dengan dunianya sendiri.

Elementary schoolgirl enters the school cafeteria. She pauses while looking for a friend.Ilustrasi anak antisosial/ Foto: iStock

15. Mudah bosan dan cenderung mengalami kecemasan

Karena pikiran anak indigo yang tajam dan ingin tahu membuatnya enggan melakukan rutinitas yang sama setiap hari. Sementara dengan sifat pemberontaknya, anak indigo tidak memiliki saluran untuk melampiaskan perasaan atau pandangannya, sehingga bisa menyebabkan kecemasan atau tertekan. Jika anak indigo dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan norma, mereka bahkan mungkin memiliki kecenderungan yang ekstrem.

Tantangan yang dihadapi anak indigo

Beberapa tantangan yang dapat dihadapi anak indigo, di antaranya:

1. Moralitas dan integritas

Anak indigo memiliki kemampuan khusus untuk mengetahui saat orang berbohong atau tidak jujur. Sifat ini adalah salah satu karakteristik unik dan membuat mereka memperhatikan orang yang berhubungan dengan mereka.

2. ADHD

Karena anak Indigo tidak bisa duduk diam atau selalu bergerak, mereka sering didiagnosis mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Hal ini disebabkan anak indigo memiliki sesuatu dalam pikiran inventifnya yang bekerja sepanjang waktu.

"Anak-anak mungkin tampak seperti mereka mengalami ADHD. Tetapi ketika Anda memberinya sesuatu yang selaras dengan keinginan yang dimiliki batin mereka, mereka tidak akan mengganggu," ujar guru tai chi dan guru yoga di California, Marjorie Jackson, yang juga seorang ibu dengan anak indigo.

3. Depresi

Depresi, melankolis, dan putus hubungan dengan orang lain adalah beberapa masalah yang dihadapi anak Indigo. Ini karena mereka tidak saling berhadapan dengan semua orang dan melihat kekurangan dengan cara yang mencolok.

Meski memperhatikan, mereka tidak bisa mengatakan apa-apa karena hal tersebut akan menyakiti orang lain. Karena itu, mereka menyimpan emosi yang mereka alami yang mengarah ke pikiran negatif, depresi, frustrasi dan hal negatif lainnya.

Cara membantu anak indigo

Untuk menghadapi serta membantu anak-anak Indigo, Bunda dapat melakukan beberapa cara sebagai berikut:

1. Jadi pendukung

Bahkan jika Bunda tidak memahami pandangannya, dukunglah karena Bunda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Ajarkan untuk konsisten mengembangkan bakatnya dan menyalurkan ide-idenya ke arah positif, serta ajarkan beradaptasi dengan lingkungan dan nilai sosial.

2. Bantu menenangkannya

Jika anak indigo kesulitan untuk santai atau menenangkan diri saat dilanda serangan panik, bantulah untuk rileks. Hal ini bisa Bunda lakukan dengan cara membimbingnya melalui pernapasan dalam atau mengajarkan rutinitas terapi seperti qi gong dan tai chi.

3. Beri dia ruang

Berikan kamar yang tenang di rumah sebagai tempat dia bisa menjadi dirinya sendiri. Ruangan itu seharusnya tidak memiliki peralatan atau mesin elektronik. Biarkan dia menggambar, mencorat-coret, melukis, memecahkan teka-teki atau melakukan apapun yang dia inginkan selama beberapa menit sepanjang hari atau kapan pun dia mau.

Bunda, simak juga 3 jenis kecerdasan anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!