sign up SIGN UP search


parenting

5 Tips Mengasuh Anak Indigo yang Punya Sensitivitas Tinggi

Asri Ediyati Jumat, 16 Oct 2020 13:40 WIB
ilustrasi anak susah tidur caption
Jakarta -

Anak indigo kerap dikaitkan dengan anak yang memiliki kemampuan metafisik. Namun, sebenarnya istilah anak indigo ini mengacu pada anak dengan sensitivitas tinggi dan kemampuan sensorik yang melebihi orang normal.

Wendy H. Chapman, seorang guru dengan 14 tahun pengalaman dalam pendidikan berbakat dan pendiri Metagifted Education Resource Organization, mengatakan bahwa anak indigo biasanya memiliki karakteristik sangat unik yang membedakan mereka dari anak-anak generasi sebelumnya.

"Anak indigo adalah generasi baru anak-anak yang sangat berbakat atau berbakat dalam satu atau lebih cara, pada tingkat pemahaman spiritual yang lebih tinggi sejak awal," kata Chapman, dikutip dari She Knows.


Chapman juga mengatakan bahwa sayangnya, anak-anak indigo yang sering memberontak, sangat sensitif secara emosional, rapuh, sangat berbakat di akademis dan metafisik sering dilabeli ADD (Attention Deficit Disorder).

Ya, bisa dibilang dari perspektif orang tua, mengasuh anak indigo ini menjadi tantangan tersendiri, Bunda. Lantas, bagaimana cara mengasuh anak indigo yang punya sensitivitas tinggi ini? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Beri dukungan

Dilansir Parenting Firstcry, memahami anak indigo itu sulit bila orang tua sendiri adalah orang normal. Yang perlu orang tua lakukan adalah memberikan dukungan pada mereka. Ini karena orang tua tidak bisa memaksakan dan tidak tahu ingin menjadi apa anak-anak itu kelak.

2. Jangan manipulasi anak

Chapman menyarankan orang tua untuk tidak memanipulasi anak indigo. "Jangan mencoba memanipulasinya. Itu tidak akan berhasil," ujarnya.

Orang tua juga jangan menggunakan rasa bersalah, takut, atau benci sebagai 'alat' pengendali anak indigo. Jika orang tua melakukan sebuah kesalahan pada mereka, akuilah kalau memang salah.

3. Beri mereka pilihan dan ruang

Semua orang tua perlu menghormati pilihan anak mereka, tak terkecuali pada anak indigo. Orang tua perlu memberikan mereka pilihan dan kebebasan untuk berkembang. Namun, jangan lupa juga untuk tetap mengimbanginya dengan pengawasan dan batas aman.

4. Cobalah lebih terbuka pada anak

Orang tua perlu jujur dengan anak-anak indigo. Katakan saja sebenarnya apa yang mengganjal perasaan. Misalnya, 'Bunda, takut deh kalau kamu melihat sesuatu yang tak tampak.' Namun, di sisi lain coba untuk menghargai keterampilan psikis yang mereka kembangkan, meskipun orang tua tidak memahaminya.

5. Bersikap adil dan konsisten

"Bersikaplah adil dan juga konsisten. Jika Anda mengatakan tidak, pastikan Anda memiliki alasan yang tepat dan jangan menyerah," kata Chapman.

Lalu, ceritakan alasan dan jelaskan mengapa anak tidak boleh melakukannya. Beri mereka penjelasan lengkap sampai ke tingkat yang bisa dipahami. Dan yang paling penting, jangan pernah merendahkan anak indigo.

Semoga tips mengasuh anak indigo di atas bisa membantu ya, Bunda. Sebagai orang tua, kita memang harus menerima, apapun kondisi anak.

Simak juga tips mengasuh tanpa baby sitter ala Irfan Hakim:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi