sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ini Cara Minta Si Kecil Agar Mau Disiplin Menjaga Jarak

Reyhan Diandri Ghivarianto Jumat, 02 Oct 2020 11:25 WIB
Single mother and her small son with face masks looking through window while being in isolation at home. Focus is on boy. caption
Jakarta -

Menjaga jarak merupakan protokol kesehatan yang harus dilakukan di masa pandemi. Setiap orang diwajibkan mematuhi protokol ini demi memutus rantai penyebaran COVID-19.

Bagi anak-anak mungkin menjaga jarak merupakan sesuatu yang sulit untuk diajarkan. Tetapi, Bunda bisa menerapkan hal ini untuk meminta si kecil agar disiplin jaga jarak di masa pandemi. Cara mengajarkannya bisa dilihat berikut ini dilansir dari kindercare.

Beri Pemahaman Konsep Jaga Jarak


Si kecil mungkin masih belum mengetahui apa itu konsep dari menjaga jarak, sehingga amat sulit diterapkan apalagi dengan sikapnya yang lincah saat bermain dengan orang di sekitarnya. Untuk mengatasi hal ini, Bunda harus bisa memberikan pemahaman bahwa menjaga jarak bukan berarti jauh secara sosial dengan orang lain. Melainkan hanya menjauh secara fisik. Kegiatan sosial seperti komunikasi masih bisa dilakukan dengan cara menelpon atau melalui video.

Ceritakan Tentang Jahatnya Virus

Bunda juga bisa menceritakan tentang kejahatan dari virus ini kepada si kecil. Berikan pemahaman jika terkena virus maka bisa membuat diri dan orang lain menjadi sakit. Si kecil akan secara perlahan memahami pentingnya menjaga jarak dan mulai disiplin melakukannya, jika diberikan alasan sebab dan akibat dari virus tersebut.

Ajarkan Cara Jaga Jarak Melalui Games

Meminta si kecil untuk disiplin bisa dilakukan dengan bermain games. Si kecil bisa disiplin menjaga jarak jika permainan yang mengajarkan hal tersebut terlihat menyenangkan. Bunda bisa mencoba menggunakan pita pengkur dan menaruhnya di lantai.

Ukur dengan jarak 2 meter, kemudian ajarkan si kecil untuk berdiri di tempat dengan jarak yang tepat. Jika si kecil berdiri di jarak yang tepat maka Bunda bisa memberikannya hadiah.

Itulah beberapa cara untuk meminta si kecil agar disiplin jaga jarak. Dalam menghadapi pandemi ini, pemerintah sedang mengkampanyekan #IngatPesanIbu. Melalui kampanye ini, pemerintah berharap warga Indonesia patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19 sebagaimana seorang anak patuh terhadap ibunya sendiri.

"Kampanye ingat pesan ibu kami munculkan karena setelah beberapa bulan kita melihat berbagai cara, kita upayakan dalam rangka meyakinkan masyarakat agar bisa patuh pada protokol kesehatan," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito, dalam keterangan tertulis, Jumat (2/10/2020).

Adapun kampanye #IngatPesanIbu membawa misi untuk mengajak masyarakat Indonesia melakukan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan menuci tangan). Yuk ajarkan anak Bunda untuk selalu disiplin #jagajarak.

(akn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi