sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Begini Cara Bikin Si Kecil Paham soal Jaga Jarak

Reyhan Diandri Ghivarianto Jumat, 16 Oct 2020 14:46 WIB
Happy family mom baby sitter and little kid daughter laughing playing with wooden blocks sit of warm floor, joyful mother having fun with child girl enjoy funny activity laughter at home together caption
Jakarta -

Masih mewabahnya virus Corona membuat protokol kesehatan semakin diperketat. Dikutip dari covid19.go.id, per 14 Oktober 2020 sudah ada sekitar 344.749 orang yang terindikasi positif COVID-19.

Data pasien yang mengalami kenaikan tersebut, tentu memicu kekhawatiran bagi orang tua yang mempunyai si kecil yang sering beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, orang tua perlu membekalinya dengan pengetahuan seputar protokol kesehatan seperti menjaga jarak.

Sebagian besar anak mungkin sulit untuk memahami tentang konsep jaga jarak tersebut. Namun Bunda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini, untuk memberikannya pemahaman seputar konsep tersebut seperti HaiBunda rangkum dari berbagai sumber.

Mendeskripsikan dengan Kalimat

Deskripsi tentang jaga jarak bisa dimulai, dari pemahaman mengenai apa itu virus dan akibatnya kepada kesehatan tubuh si kecil. Berikan dirinya pemahaman mengapa penting untuk menjauhi orang lain secara fisik, namun perlihatkan juga alternatif lain untuk tetap dekat dengan orang lain melalui teknologi seperti smartphone atau komputer.

Menjelaskan Secara Visual


Bunda bisa menjelaskan apa itu menjaga jarak secara visual. Misalnya melalui gambar dengan krayon atau melalui video tayangan YouTube. Anak biasanya akan lebih senang dan cepat memahami konsep jika ia bisa melihat apa yang harus dilakukan untuk menjaga jarak.

Membuat Contoh Kecil di Sekitar

Jika sudah mendeskripsikan dengan kalimat dan membuatnya menonton video, Bunda bisa mencontohkan langsung bagaimana konsep jaga jarak tersebut dilakukan. Misalnya dengan membuat permainan yang mana si kecil harus berada pada jarak tertentu untuk mendapatkan hadiah.

Itu dia beberapa cara agar si kecil bisa lebih memahami soal menjaga jarak. Untuk melewati masa pandemi ini, Bunda harus tetap waspada menjaga si kecil dan mentaati protokol kesehatan khususnya saat berada di luar rumah.

Pemerintah saat ini juga sedang melakukan kampanye #IngatPesanIbu, guna menekan angka penyebaran COVID-19. Kampanye #IngatPesanIbu memiliki misi mengajak masyarakat untuk selalu terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Mari selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

(akn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi