sign up SIGN UP search


parenting

Begini Cara Asyik Biar Si Kecil Paham & Disiplin Jaga Jarak

Inkana Putri Minggu, 18 Oct 2020 10:02 WIB
Mom and daughter wear mask to protect themselves from virus infection Begini Cara Asyik Biar Si Kecil Paham & Disiplin Jaga Jarak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999
Jakarta -

Praktik jaga jarak pada anak-anak memang bisa dibilang sulit. Apalagi jika si kecil sangat aktif bergerak atau senang bermain di luar rumah bersama teman. Oleh karena itu, peran Bunda sangatlah penting dalam hal ini.

Praktisi Keluarga dan Anak Seto Mulyadi mengatakan orang tua juga harus membangun suasana rumah menjadi menyenangkan bagi anak, termasuk dalam hal mengajari dan mengingatkan si kecil untuk jaga jarak.

"Orang tua harus berani berubah lebih tenang, sabar, gembira, dan penuh rasa syukur. Dengan begitu kita memposisikan jadi sahabat anak-anak," ujarnya dikutip dari situs resmi Satgas COVID-19, Minggu (18/10/2020).

Agar si kecil enggak bosan untuk jaga jarak, Bunda bisa lho melakukan hal-hal seru dan menyenangkan. Dengan begitu, si kecil pasti akan lebih semangat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Melansir berbagai sumber, berikut 3 hal seru yang bisa bikin si kecil disiplin jaga jarak.


Hadiah

Hadiah atau reward bisa jadi satu hal yang dapat membuat si kecil semangat dan senang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Bunda bisa buat daftar hal apa saja yang perlu ia lakukan selama pandemi seperti pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Jika si kecil berhasil disiplin menerapkan semua hal tersebut setiap hari, Bunda bisa berikan ia reward baik itu berupa mainan, coklat, buku gambar, baju, atau hadiah lainnya.

Games edukatif

Saat ini banyak para pakar yang menciptakan games edukatif yang berhubungan dengan protokol kesehatan, seperti halnya games 'Can You Save The World'. Lewat games ini, si kecil akan lebih mudah paham tentang perlunya jaga jarak sehingga nantinya ia pun lebih disiplin menjaga jarak.

Selain itu, Bunda juga bisa gunakan mainan seperti hula hoop atau pool noodles untuk membantu mereka paham tentang berapa banyak jarak yang harus mereka jaga dengan orang lain. Ini tentunya akan membuat si kecil jadi lebih paham dan senang menjaga jarak.


Video animasi & lagu

Di tengah pandemi saat ini, Bunda tentu sering mengingatkan si kecil untuk selalu jaga jarak. Namun, hal ini sangat mungkin untuk dilupakan olehnya. Oleh karena itu, cobalah untuk cari cara seru untuk mengingatkan si kecil lewat video animasi dan lagu. Selain lebih mudah dipahami, si kecil tentunya juga tidak akan jenuh dan akan lebih semangat untuk disiplin protokol kesehatan. Apalagi, saat ini telah banyak video animasi dan lagu yang bisa diakses sehingga Bunda bisa menayangkan hal yang berbeda ke si kecil setiap harinya.


Nah, itu lah tiga hal yang bisa Bunda lakukan agar si kecil semangat dan terus disiplin jaga jarak. Di samping hal tersebut, sebagai orang tua Bunda juga perlu beri contoh kepada si kecil. Pasalnya, anak-anak sering sekali mengikuti apa yang dilakukan orang dewasa.

Saat ini, Pemerintah bersama Satgas Penanganan COVID-19 tengah melakukan kampanye #IngatPesanIbu guna menekan angka penyebaran COVID-19. Kampanye ini bertujuan mengajak masyarakat untuk selalu terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Oleh karena itu, mari selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi