sign up SIGN UP search


parenting

Menteri Nadiem Unggah Foto Bareng Anak, Beri 3 Tips Bermain Sambil Belajar

Yuni Ayu Amida Senin, 05 Oct 2020 16:50 WIB
Nadiem Makarim caption
Jakarta -

Dunia anak-anak usia dini memang sebaiknya diisi dengan bermain dan belajar, Bunda. Hal ini guna mendukung perkembangan otak anak jadi lebih baik.

Seperti dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di postingan Instagramnya, bermain sambil belajar sangat banyak manfaatnya untuk anak.

"Bagi anak-anak usia dini, bermain adalah belajar. Di dalam keseruan bermain, otak mereka menyerap jauh lebih banyak, dan membuat rasa ingin tahu mereka berkembang," tulis Nadiem Makarim, dilansir Instagram, Senin (5/10/2020).


Dalam postingan tersebut, Nadiem terlihat tengah belajar sambil bermain dengan buah hatinya.

"Setiap kali anak mengajak bermain, itulah kesempatan emas untuk belajar," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem juga membagikan tiga tips bermain sambil belajar yang bisa Bunda praktikkan di rumah lho, yakni banyak tanya, banyak coba, dan banyak karya.

"Jangan lupa 3 interaksi terpenting dalam bermain: Banyak TANYA, banyak COBA, banyak KARYA," ungkapnya.

Bicara soal bermain sambil belajar, dikatakan psikolog anak, Alfa Restu Mardhika, kegiatan bermain punya peran besar dalam tumbuh kembang anak. Dengan bermain anak bisa belajar dan bereksplorasi.

"Khususnya ketika bermain bersama orang tua, bisa menguatkan attachment dan bonding yang efeknya membentuk hubungan erat, hangat, dan terbuka antar orang tua dan anak," ujar Alfa.

Alfa juga menjelaskan bahwa prinsip utama bermain adalah kebebasan dalam bermain. Karena memang tidak ada nilai benar dan salah dalam bermain.

"Atau harusnya ideal begini dan begitu, jadi biarkan anak bereksplorasi. Ketika anak bermain bebas, anak memimpin permainan, maka akan muncul daya imajinasi, kreativitas, dan tentu saja anak bisa merasa bahagia," ucapnya.

Simak juga langkah mudah agar anak suka belajar di rumah dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi