sign up SIGN UP search


parenting

3 Edukasi Seru yang Bikin Si Kecil Paham soal Protokol Kesehatan

Alfi Kholisdinuka Jumat, 16 Oct 2020 19:15 WIB
Ilustrasi jaga jarak dan pakai masker 3 Edukasi Seru yang Bikin Si Kecil Paham soal Protokol Kesehatan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb
Jakarta -

Edukasi tentang COVID-19 perlu disampaikan pada masyarakat agar mereka memahami dan tidak terpapar virus Corona. Hal yang sama juga penting dilakukan untuk si kecil agar ia tetap bahagia selama masa pandemi dan terhindar dari virus ini.

Praktisi Keluarga dan Anak Dr. Seto Mulyadi pun membeberkan cara edukasi tentang COVID-19 ini. Menurutnya hal ini tergantung pada usia anak, misal pada anak usia di bawah lima tahun penjelasan itu bisa disampaikan dalam bentuk dongeng, gambar, atau bernyanyi.

"Sehingga pesan yang disampaikan relatif lebih mudah dipahami dengan kapasitas pemikiran anak," ujar Kak Seto sapaan akrabnya dikutip dari situs resmi Satgas COVID-19, Jumat (16/10/2020).


Selain itu, ada beberapa tips alternatif edukasi seru yang bisa Bunda lakukan di rumah. Hal ini akan membuat si kecil paham soal protokol kesehatan ini dan tetap membuat dirinya bahagia.

Animasi video kartun

Animasi video kartun kerap kali disukai oleh anak-anak usia 5 tahun ke bawah hingga menginjak remaja. Oleh karena itu, bunda bisa manfaatkan hal ini untuk menekankan pentingnya protokol kesehatan lewat alternatif animasi yang ada di YouTube atau lainnya.

Dongeng boneka

Anak kecil memiliki daya imajinatif dan rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Untuk itu, alternatif dongeng boneka bisa juga bunda dilakukan untuk mengedukasi si kecil dalam menjaga jarak, mencuci tangan dan menerapkan prilaku yang baik.

Diskusi dengan istilah mudah

Terakhir, Bunda bisa ajak si kecil diskusi sambil bermain di rumah, hal ini akan membuat dirinya riang gembira. Pastikan menggunakan bahasa atau istilah yang mudah dimengerti olehnya sehingga ia dapat memahami dan menerapkan dalam kesehariannya.

Itu dia beberapa cara agar si kecil bisa lebih memahami soal prokol kesehatan. Untuk melewati masa pandemi ini, Bunda harus tetap waspada menjaga si kecil dan mentaati protokol kesehatan khususnya saat berada di luar rumah.

Pemerintah saat ini juga sedang melakukan kampanye #IngatPesanIbu, guna menekan angka penyebaran COVID-19. Kampanye #IngatPesanIbu memiliki misi mengajak masyarakat untuk selalu terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Mari selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

[Gambas:Video Haibunda]



(akn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi