sign up SIGN UP search


parenting

Selain Pakai Masker, Ini Alasan Anak Juga Perlu Jaga Jarak

Inkana Putri Minggu, 18 Oct 2020 08:41 WIB
Ilustrasi jaga jarak dan pakai masker Selain Pakai Masker, Ini Alasan Anak Juga Perlu Jaga Jarak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tomwang112
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, umumnya orang tua lebih sering mengingatkan si kecil untuk menggunakan masker saja saat berpergian ke luar. Padahal, mengingatkan ia untuk selalu menjaga jarak juga menjadi hal yang penting. Kenapa begitu penting ya Bun? Simak yuk ulasannya!

Memakai masker memang bisa mengurangi risiko si kecil terinfeksi virus dan penyakit. Namun, akan lebih baik lagi jika Bunda terus ajari dan ingatkan si kecil untuk menjaga jarak dengan orang lain. Melansir berbagai sumber, berikut 3 alasan penting Bunda perlu menyuruh si kecil untuk menjaga jarak.

Virus mudah menyebar

Seperti diketahui, virus COVID-19 bisa dengan mudah menyebar dari siapa saja, bahkan dari teman-teman si kecil. Apalagi, saat ini Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut COVID-19 bisa menyebar melalui udara, khususnya di dalam ruangan berventilasi buruk. Umumnya, penyebaran biasanya terjadi melalui batuk, bersin, atau saat berbicara. Oleh karena itu, pastikan si kecil untuk selalu menjaga jarak 2 meter saat berinteraksi dengan orang lain.

Protokol kesehatan wajib

Sejak awal mula COVID-19 muncul di Indonesia, pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Selain pakai masker dan mencuci tangan, jaga jarak atau yang sering disebut physical distancing juga merupakan hal yang wajib dilakukan saat berada di luar rumah. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun perlu untuk disiplin jaga jaraknya, apalagi jika berada di fasilitas umum atau tempat yang ramai.


Menekan jumlah kasus COVID-19

Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia cenderung meningkat. Bahkan, saat ini telah muncul berbagai klaster baru termasuk klaster keluarga. Salah satu penyebab meningkatkan jumlah kasus COVID-19 adalah kelalaian dalam menerapkan protokol kesehatan.

Mengajak si kecil untuk menerapkan protokol kesehatan menandakan Bunda dan si kecil ikut berpartisipasi mencegah penyebaran virus COVID-19. Hal ini tentunya juga berperan dalam menekan jumlah kasus COVID-19 di Indonesia. Dengan begitu, pandemi akan bisa segera berakhir dan si kecil bisa beraktivitas lagi seperti sedia kala.


Itu dia beberapa alasan Bunda perlu ingatkan si kecil untuk selalu menjaga jarak saat berada di luar rumah. Melalui jaga jarak, berarti si kecil juga telah menjaga dirinya dari infeksi COVID-19.

Selain itu, Bunda juga harus tetap waspada menjaga si kecil dan mentaati protokol kesehatan lainnya. Saat ini, Pemerintah juga sedang melakukan kampanye #IngatPesanIbu guna menekan angka penyebaran COVID-19.

Kampanye #IngatPesanIbu memiliki misi mengajak masyarakat untuk selalu terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Oleh karena itu, mari selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi