sign up SIGN UP search


parenting

Idap Penyakit Langka, Bocah 4 Tahun Ini Tak Pernah Rasakan Makanan

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 02 Nov 2020 17:37 WIB
Mother and son holding hands walking at sunset. caption
Jakarta -

Bocah empat tahun bernama Razzy mengidap kelainan pada pencernaannya. Ia tak pernah bisa merasakan makanan apa pun, Bunda.

Sejak berusia satu tahun, Razzy didiagnosis mengidap penyakit langka Colitis kronis, imunodefisiensi, dan sindrom malabsorbsi. Kelainan pencernaan tersebut membuatnya tidak bisa menyerap makanan yang masuk ke tubuh.

Kisah Razzy si anak ajaib ini dibagikan dalam YouTube Liana Ners. Dalam video, Razzy tak terlihat seperti anak yang mengidap penyakit langka.


"Karena sakitnya Razzy tidak boleh makan atau minum apa pun selain susu khusus buat dia," demikian keterangan di video, dilansir Rabu (28/10/2020).

Razzy tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan atau minuman apa pun. Ia hanya boleh minum susu yang rasanya sangat pahit.

Keluarga sudah melakukan semua upaya terapi untuk kesembuhannya. Saat ini, Razzy rutin kontrol seminggu minimal satu kali ke rumah sakit. Ia juga menjalani terapi imunoglobulin satu kali dalam sebulan untuk menguatkan ketahanan tubuhnya.

"Razzy sekarang sudah berumur 4 tahun dan selama itu razzy sudah beberapa x mengalami masa² kritis, buat Razzy RS adalah rumah kedua baginya, karena dalam sebulan Razzy bisa 2x bahkan 3x harus dirawat," tulis keterangan di video.

Dalam video, Razzy tampak ceria menjalani aktivitasnya sehari-hari. Bocah 4 tahun ini tidak pernah mengeluh dengan sakitnya. Ia juga tidak pernah rewel karena tak bisa mencicipi makanan layaknya anak-anak lain.

Ketika saudarany makan, Razzy selalu minta untuk mencium aroma makanan yang disantap saudaranya itu. Ia tampak bahagia meski hanya bisa menikmati makanan dengan cara seperti itu.

Belakangan, Razzy sudah jauh lebih bahagia karena bisa mencicipi makanan dengan pengawasan ketat. Ia mulai minum air tajin, bubur, hingga makan ikan.

"Pelajaran terpenting yang harus selalu diingat bukan cuma oleh Razzy tapi untuk kita semua, bahwa hati yang selalu gembira dan hidup yang bahagia bisa menjadi obat dan sekaligus akan membuatmu sehat jiwa dan raga," tulis Liana Ners.

Kisah Razzy ini banyak mendapat komentar dari netizen. Banyak yang ikut mendoakan kesembuhan bocah empat tahun ini, Bunda.

"Alhamdulillah Yaa Allah akhirnya Razy bisa mulai merasakan makanan..Smoga segera sembuh yaa nak, seperti saudara" yg lain.. Aamiin," tulis Suro***.

"Semoga Allah memberi kesembuhan buat adek Razzi..," ujar Yudi***.

Penyakit langka Colitis kronis atau kolitis ulserativa merupakan salah satu penyakit radang usus. Dikutip dari WebMD, penyakit ini bisa menyerang semua usia, namun biasanya diturunkan dari keluarga.

Kolitis ulserativa hanya memengaruhi usus besar. Beberapa gejala umum yang dirasakan adalah diare, kram perut, demam, hingga berat badan menurun.

Sedangkan, imunodefisiensi adalah kondisi defisiensi imun yang membuat seseorang tidak mampu melawan infeksi. Sistem kekebalan tubuh memiliki respons lemah terhadap kuman dan ancaman lainnya.

Penyakit terakhir yang diidap Razzy adalah sindrom malabsorbsi. Sindrom ini membuat tubuh tidak dapat menerima banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Masalah pencernaan ini bisa menimbulkan gejala perut kembung dan diare. Lebih lanjut, sindrom malabsorbsi dapat menyebabkan komplikasi serius bagi pengidapnya.

Simak juga cerita Joanna Alexandra membesarkan anak berkebutuhan khusus, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!