sign up SIGN UP search


parenting

Ingat Bunda! Ayah Bukan Hanya Support System Lho, Tapi...

Asri Ediyati Kamis, 12 Nov 2020 13:44 WIB
Shot of a father and daughter dancing in their tutus caption
Jakarta -

Selamat Hari Ayah Nasional untuk seluruh Ayah hebat di Indonesia! Peran Ayah dalam keluarga tidak lah kecil. Ayah bukan sekadar tim hore yang tidak terlibat langsung atau yang cuma mendukung dalam pengasuhan anak.

Peranan dan posisi Ayah bukan hanya support system, tapi anggota tim yang terlibat penting dalam keluarga! Mengutip tulisan di Mommies Daily, support system alias sistem pendukung itu lebih cocok kalau disematkan kepada orang lain yang bukan orang tua anak.

Pihak lain yang kehadirannya memang secara nyata memudahkan tugas dan tanggung jawab Bunda dan Ayah sebagai orang tua. Tak harus ada hubungan darah, support system juga bisa hadir dalam wujud pengasuh, ART, supir hingga atasan, atau perusahaan yang ramah untuk orang tua.


Sistem pendukung ya artinya 'hanya' mendukung, bukan menjadi bagian dari tim utama. Namun, ketika seseorang berstatus jadi orang tua, baik itu Bunda atau Ayah, maka kita lah yang menjadi pemeran utama alias tim inti dalam pengasuhan anak.

Bunda dan Ayah mungkin pernah mendengar quotes ini, "Siapa pun bisa menjadi Ayah bagi seorang anak, tetapi menjadi Ayah membutuhkan waktu seumur hidup."

Ya, Ayah berperan dalam kehidupan setiap anak yang tidak dapat diisi oleh orang lain. Peran ini dapat berdampak besar pada seorang anak dan membantu membentuknya menjadi seperti apa mereka nantinya.

Dilansir laman resmi Pediatric Associates of Franklin, Ayah, seperti halnya Bunda, adalah pilar dalam perkembangan kesejahteraan emosional anak. Anak-anak mengandalkan ayah mereka untuk menetapkan aturan dan menegakkannya.

Anak juga berharap ayah mereka memberikan perasaan aman, baik secara fisik maupun emosional. Anak-anak ingin membuat ayah mereka bangga, dan ayah yang terlibat mendorong pertumbuhan dan kekuatan batin.

Penelitian pun telah menunjukkan bahwa ayah yang penuh kasih sayang dan suportif sangat memengaruhi perkembangan kognitif dan sosial anak. Ini juga menanamkan rasa kesejahteraan dan kepercayaan diri anak secara keseluruhan.

Jadi, Ayah bukan cuma sistem pendukung ya, Bunda. Peran Ayah sama pentingnya dengan Bunda. Sekali lagi, Selamat Hari Ayah Nasional!

Simak juga panduan bermain anak saat di rumah saja ala Kak Seto:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi