sign up SIGN UP search


parenting

Selain Si Kecil, Bunda Juga Butuh Vaksinasi Lho! Ini Alasannya

Inkana Putri Jumat, 13 Nov 2020 18:00 WIB
Female patient with protective face mask waiting for vaccination, doctor in surgical gloves disinfecting her arm caption
Jakarta -

Bicara soal vaksinasi, banyak yang mengira vaksin hanya diperlukan untuk anak-anak saja. Padahal, Bunda juga perlu lho vaksinasi biar tetap sehat. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 dan musim pancaroba saat ini, penularan virus bisa terjadi di mana dan kapan saja.

Melansir situs National Foundation for Infectious Diseases, berikut 5 alasan Bunda juga perlu untuk vaksinasi:

1. Menjaga Kesehatan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk melakukan vaksinasi sepanjang hidup. Hal ini perlu dilakukan guna melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Bahkan, jika selama hidup tidak mendapatkan vaksin, tubuh tentunya akan rentan terhadap penyakit seperti herpes zoster, penyakit pneumokokus, influenza, HPV dan hepatitis B, dan lainnya.


2. Penyakit Menyerang Semua Orang

Banyak yang mengatakan lansia, bayi dan komorbid merupakan dua kelompok yang rentan terkena penyakit. Padahal, orang muda dan sehat juga bisa terinfeksi. Oleh karena itu sangat penting bagi Bunda untuk mencegah penyakit dengan melakukan vaksinasi.

3. Pencegahan Paling Aman

Pada umumnya, orang akan menerapkan pola hidup sehat seperti makan bergizi, olahraga, minum air putih, dan lainnya untuk menjaga kesehatan. Dalam hal ini, vaksin juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan Bunda. Bahkan, vaksin merupakan salah satu tindakan pencegahan yang paling nyaman dan aman.

4. Melindungi Orang Terdekat

Melakukan vaksinasi bisa berarti menjaga kesehatan orang terdekat Bunda seperti si kecil, suami, bahkan orang tua. Hal ini mengingat saat sakit, Bunda bisa menyebarkan penyakit ke siapa saja.

Misalnya, orang dewasa adalah sumber paling umum dari infeksi pertusis (batuk rejan) pada bayi. Penyakit ini bisa mematikan pada bayi. Bahkan, pada 2017, 13 bayi di Amerika Serikat meninggal karena batuk rejan.

5. Aman

Mungkin beberapa dari Bunda takut melakukan vaksinasi karena informasi hoaks terkait keamanan vaksin. Padahal sebelum didistribusikan, vaksin telah mengalami berbagai uji klinis hingga dinyatakan aman. Vaksin merupakan salah satu produk teraman di semua obat dan tidak akan membuat Bunda tertular penyakit dari virus yang telah dimatikan atau dilemahkan dalam vaksin tersebut.

Itu dia kelima alasan penting Bunda juga perlu vaksinasi. Selain itu, di tengah pandemi COVID-19 saat ini, Bunda perlu #IngatPesanIbu untuk menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan rajin #cucitanganpakaisabun seperti yang terus dikampanyekan #satgascovid19. Hal ini guna memutus rantai penyebaran COVID-19 di masyarakat.

Bunda, simak fakta mengenai penularan Covid-19 dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(mul/ega)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi