sign up SIGN UP search


parenting

Cegah Penyebaran Virus, Yuk Bikin Ventilasi yang Baik di Rumah

Inkana Putri Minggu, 15 Nov 2020 15:05 WIB
Smiling young loving mum making ponytail to little preschool laughing daughter with toy sitting on sofa, couch in living room at home, mother helping child with hairstyle, nanny caring of pupil caption
Jakarta -

Menjaga tubuh tetap sehat memang diperlukan untuk mencegah virus. Namun, ternyata menjaga kesehatan dari dalam saja belum cukup loh, Bun. Hal ini mengingat pada Oktober lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebut penyebaran COVID-19 dapat terjadi melalui airborne.

Juru Bicara Satgas COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro menjelaskan penularan ini terjadi saat percikan air liur atau droplets dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, berbicara atau bahkan bernyanyi.

Menurutnya, teori menunjukkan sejumlah droplets pernapasan dapat menghasilkan aerosol. Aerosol sendiri itu adalah tetesan pernapasan yang sangat kecil, sehingga dapat melayang di udara.

"Saya ulangi lagi, droplets adalah buliran dengan ukuran partikel lebih dari 5 mikrometer. Sedangkan aerosol ukurannya lebih kecil lagi, yakni kurang dari 5 mikrometer. Dan airborne adalah penularan via aerosol dalam jarak jauh," ujarnya dikutip dari situs covid.go.id, Minggu (14/11/2020).

Meskipun dapat menular secara airborne, penyebaran virus melalui droplet dan airborne biasanya disebabkan oleh ventilasi dan sirkulasi udara yang buruk. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek ventilasi di rumah ya, Bun.

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa tips menciptakan ventilasi yang sehat di rumah.

-Gunakan ventilasi alami (jendela) atau mekanik (kipas angin / hexos) di rumah, khususnya di tempat yang sempit pengap, atau lembap.
-Pastikan ventilasi mendapatkan paparan sinar matahari
-Seringlah membuka ventilasi dan ganti udara di dalam ruangan sesekali dengan udara segar dari luar.
-Sesuaikan bentuk dan jumlah ventilasi dengan luas ruangan
-Jangan biarkan pendingin udara (AC) menyala sepanjang hari.

Itulah beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan untuk menyulap ventilasi di rumah menjadi lebih sehat. Dengan begitu, sirkulasi udara di dalam rumah akan lebih baik dan sehat.

Jangan lupa juga agar selalu #IngatPesanIbu dengan melakukan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan rajin #cucitanganpakaisabun seperti yang terus dikampanyekan #satgascovid19.


(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi