sign up SIGN UP search


parenting

12 Penyakit yang Disebabkan Virus, Ajak Si Kecil untuk Waspada Yuk Bunda

Dewi Ratna Minggu, 07 Nov 2021 14:25 WIB
Ilustrasi penyakit anak caption

Si Kecil pasti pernah bertanya tentang apa itu virus, ketika mendengar kata tersebut di televisi atau percakapan orang lain di era pandemi ini. Ya, COVID-19 memang salah satu dari sekian banyak penyakit yang disebabkan oleh virus.

Virus sendiri merupakan sesuatu yang sangat kecil yang bisa menginfeksi makhluk hidup, terutama manusia. Virus terdiri dari bagian-bagian materi genetik seperti DNA atau RNA yang terbungkus dalam lapisan protein. Bunda perlu mengajak anak untuk belajar tentang virus ini.

Ada banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh virus. Mereka menyerang sel dalam tubuh dan dengan komponen sel tersebut virus ini berkembang biak. Proses inilah yang seringkali merusak atau menghancurkan sel yang terinfeksi.


Tidak selalu menular

Memang tidak semua penyakit yang disebabkan oleh virus akan menular, yang berarti mereka tidak menyebar dari satu orang ke yang lainnya. Namun kebanyakan memang menular, seperti misalnya flu, pilek, HIV, dan juga herpes.

Tak hanya menyebar dari satu orang ke yang lainnya, virus juga bisa menyerang lewat gigitan serangga yang terinfeksi. Atau seperti kasus COVID-19 yang kabar awalnya menyebutkan bahwa virus corona disebarkan oleh kelelawar.

Penyakit yang disebabkan oleh virus

Seperti disebut di atas, tidak semua penyakit yang disebabkan oleh virus akan menular. Namun pada umumnya mereka memang menular dan bahkan menjadi wabah. Berikut ini 12 penyakit umum yang disebabkan oleh virus yang bisa dijelaskan kepada anak:

  1. Cacar air
  2. Flu
  3. Gondongan, campak, dan rubella
  4. Herpes zoster
  5. Gastroenteritis atau flu perut
  6. Hepatitis
  7. Meningitis
  8. Pneumonia
  9. Herpes
  10. Human Immunodeficiency Virus (HIV/AIDS)
  11. Human papillomavirus (HPV)
  12. Mononukleosis

Bunda sendiri pasti sudah sering mendengar semua penyakit tersebut di atas. Karena banyak, Bunda bisa menjelaskan satu per satu pada Si Kecil, tak perlu sekaligus dalam satu kali obrolan.

Young mother blowing her small daughter's nose when playing at home.Ilustrasi penyakit anak karena virus/ Foto: iStock

Penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus

Penyakit yang disebabkan oleh virus bisa menular dan menyebar dari satu orang ke yang lain ketika virus tersebut masuk ke dalam tubuh dan mulai berkembang biak. Pada umumnya, penyebaran virus ini antara lain karena:

  • Menghirup udara yang terkontaminasi virus
  • Konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus
  • Melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi virus menular seksual
  • Penularan tidak langsung dari orang ke orang oleh inang virus, seperti nyamuk, kutu, atau tikus lapangan
  • Bersentuhan dengan permukaan atau cairan tubuh yang terkontaminasi virus

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini mengakibatkan berbagai gejala yang bervariasi. Karakter dan tingkat keparahannya tergantung pada jenis infeksi virus dan faktor lainnya, termasuk usia seseorang dan kesehatan secara keseluruhan.

Risiko terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh virus

Penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dapat diobati dengan antibiotik yang hanya bisa menyembuhkan infeksi bakteri. Namun penyakit karena virus yang paling umum seperti pilek dan flu, dapat sembuh sendiri pada orang yang sehat dan kuat imun.

Infeksi virus hingga menyebabkan penyakit ini bertahan dalam jangka waktu tertentu. Penyakit ini kemudian sembuh dan hilang gejalanya, saat sistem kekebalan tubuh orang itu balik menyerang virusnya dan tubuh pun pulih.

Dalam beberapa kasus, penyakit yang disebabkan oleh virus ini dapat menjadi komplikasi serius dan bahkan mengancam jiwa, seperti dehidrasi, pneumonia dengan bakteri, serta infeksi bakteri sekunder lainnya.

Orang yang berisiko mengalami komplikasi termasuk mereka yang memiliki penyakit kronis atau sistem kekebalannya terganggu, serta mereka yang sangat muda dan sangat tua. Selain itu jenis infeksi virus menular seksual tertentu, seperti HIV/AIDS dan HPV bisa menyebabkan komplikasi serius dan kematian.

Penanganan penyakit yang disebabkan oleh virus

Pengobatan penyakit yang disebabkan oleh virus bervariasi, tergantung pada spesifikasi virus itu sendiri, serta faktor lainnya. Tindakan pengobatan yang umum dilakukan hanyalah untuk menghilangkan gejala, sehingga orang yang terpapar dapat istirahat yang dibutuhkan untuk memulihkan tubuh.

Penting untuk mencari perawatan medis saat seseorang merasa terkena penyakit yang disebabkan oleh virus. Terutama jika berisiko mengalami komplikasi, atau jika yakin telah terpapar penyakit menular seksual, maka penanganan medis adalah keharusan.

Penanganan atau perawatan umum untuk infeksi virus meliputi:

  • Acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Motrin, Advil) untuk demam, sakit pada tubuh, dan nyeri.
  • Minum lebih banyak cairan yang baik untuk tubuh
  • Istirahat dan tidur ekstra
  • Menjaga nutrisi yang baik

Secara umum, disarankan untuk anak-anak di bawah usia enam tahun untuk tidak mengonsumsi obat flu atau batuk karena risiko efek samping yang serius. Selain itu, orang yang terkena penyakit yang disebabkan oleh virus ini tidak boleh mengonsumsi aspirin atau produk yang mengandung aspirin, karena risiko memantik kondisi langka yang mengancam jiwa, yang disebut sindrom Reye.

So, sekarang Bunda sudah tahu tentang berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus dan bagaimana cara mengatasinya. Kenalkan juga Si Kecil pada virus-virus yang umumnya mudah menyerang, dan pastikan mereka tahu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk menghindarinya, seperti menjaga kebersihan diri dan tidak sembarangan bermain di luar.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!